Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Indonesia Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri menargetkan bisa mengulang pencapaian tahun di Korea Open yaitu menembus babak semifinal, Minggu.

"Kami ingin tampil konsisten. Cukup sulit menjaga konsistensi, tetapi kami berharap setidaknya mampu mengulangi pencapaian tahun lalu," kata Fikri melalui keterangan tertulis PP PBSI yang diterima di Jakarta, Senin.

Tahun lalu, langkah Bagas/Fikri di Korea Open 2022 terhenti pada babak empat besar usai kalah dari sang senior Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dengan skor 12-21. 9-21.

Belajar dari turnamen-turnamen sebelumnya, pasangan yang menempati peringkat 15 dunia itu mengaku hal terpenting dalam menghadapi pertandingan nanti adalah mengalahkan diri sendiri, terutama saat berada dalam tekanan.

"Tantangan tersulit bagi kami adalah mengalahkan diri sendiri. Kami harus bisa keluar ketika berada di bawah tekanan dalam sebuah pertandingan," kata Bagas jelang turnamen level BWF Super 500 itu.

Baca juga: Gregoria waspadai faktor nonteknis di Korea Open 2023

Bagas/Fikri akan mengawali pertandingan pada turnamen yang memperebutkan hadiah 420 ribu dolar AS (sekitar Rp6,3 milar) itu, menghadapi pasangan tuan rumah Jin Yong/Na Sung Seung.

Sebelum berlaga, pasangan Merah Putih itu telah menjajal lapangan dalam sesi latihan, Senin. Mereka berpendapat lapangan yang digunakan berangin dan di beberapa titik terasa gelap yang membuat kesulitan saat mengontrol kok.

"Secara garis besar lapangannya menurut kami aman, tetapi memang agak licin. Tetapi kami tidak tahu karena karpet yang licin atau karena sebelum kami berlatih ada yang menggunakannya," ujar Bagas.

"Selain agak licin, di pinggir-pinggirnya agak gelap. Jadi kami agak kesulitan mengontrol kok ke samping. Ini jadi bahan adaptasi kami untuk bertanding esok," pungkas Fikri.

Baca juga: Pebulu tangkis Indonesia jalani latihan perdana jelang Korea Open 2023

Secara keseluruhan, Indonesia memiliki sembilan wakil di Korea Open 2023. Ganda putra menjadi sektor paling banyak yakni empat pasangan. Selain Bagas/Fikri, ada Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Tunggal putra ada Chico Aura Dwi Wardoyo yang menjadi wakil satu-satunya. Lalu Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani mewakili Merah Putih di sektor tunggal putri.

Ganda putri tak ada satu pun wakil Indonesia yang tampil dalam agenda yang berlangsung di Jinnam Stadium, Yeosu, Korea Selatan, pada 18-23 Juli itu.

Adapun ganda campuran Merah Putih diwakili Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang merupakan pasangan non-Pelatnas PBSI.

Baca juga: Chico tumpuan Indonesia di sektor tunggal putra Korea Open 2023

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023