PBB, New York (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menyambut dimulainya Konferensi Dialog Nasional di Yaman, Senin, menyebutnya sebagai "kesempatan bersejarah bagi rakyat Yaman".

"Sekretaris Jenderal menyambut baik diluncurkannya Konferensi Dialog Nasional di Yaman hari ini ... Ia puas dialog nasional itu disiapkan secara konstruksif, baik dan menyeluruh," demikian satu pernyataan yang dikeluarkan di Markas PBB, New York oleh juru bicara Ban.

"Dialog itu merupakan kesempatan bersejarah buat rakyat Yaman, termasuk perempuan dan pemuda," kata pernyataan tersebut sebagaimana dikutip Xinhua.

"Itu akan memungkinkan mereka bertemu untuk menyelesaikan perbedaan dan membangun kepercayaan, memastikan keadilan, mendorong hak asasi manusia dan memberi sumbangan bagi kemakmuran serta pembangunan negara itu."

Yaman, Senin, meluncurkan Konferensi Dialog Nasional, bagian penting pada tahap kedua peralihan kekuasaan dua tahun yang ditaja oleh negara Teluk dan masyarakat internasional.

Banyak pengulas mengatakan Konferensi Dialog Nasional tersebut adalah perubahan penting antara mantan pemerintah dan pemerintah pasca-kerusuhan dan akan mengarah kepada perubahan serta pembaruan selama masa peralihan.

Penerjemah : Chaidar Abdullah

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013