Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa bidang politik terjadi pada Senin (17/7), mulai dari Presiden RI Joko Widodo melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) hingga lima wakil menteri yang baru.

Berikut rangkuman berita politik pilihan LKBN ANTARA.

1. Presiden Jokowi lantik Budi Arie Setiadi sebagai Menkominfo

Presiden Joko Widodo melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika di Istana Negara, Jakarta, Senin.

"Demi Allah, saya berjanji bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Budi Arie saat mengucapkan janji jabatan mengikuti Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini.

2. Jokowi perintahkan Menkominfo Budi Arie selesaikan proyek BTS

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menugaskan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang baru dilantik, Budi Arie Setiadi, untuk menuntaskan proyek pembangunan menara Base Transceiver System (BTS) sesuai rencana pemerintah, meskipun aparat penegak hukum sedang mengusut kasus dugaan korupsi dalam proyek itu.

“Saya ingin yang pertama d Kementerian Komunikasi dan Informatika, penyelesaian BTS diutamakan, penyelesaian hukum silakan berjalan, kita hormati, tetapi penyelesaian BTS juga harus berjalan,” kata Presiden Jokowi setelah Pelantikan Menteri, Wakil Menteri, dan Anggota Wantimpres Sisa Masa Jabatan 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini.

3. Jokowi tugaskan Budi Arie atasi penggabungan medsos dan "e-commerce"

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menugaskan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi untuk menyelesaikan persoalan penyatuan media sosial (medsos) dan "e-commerce".

"Nanti itu tugasnya menteri baru, nanti akan saya perintahkan apa-apa, tanyakan ke Pak Menteri kalau sudah (ada detailnya)," kata Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini.

4. Zuhairi: Diplomasi “ziarah kubur” tingkatkan ekspor Indonesia

Duta Besar Indonesia untuk Tunisia Zuhairi Misrawi mengatakan “diplomasi ziarah kubur” yang dilakukannya menjadi cara diplomasi kebudayaan untuk mendapatkan hasil positif, khususnya meningkatkan ekspor Indonesia ke Tunisia.

“Hari kedua menjadi Dubes Indonesia untuk Tunisia, saya melakukan ziarah ke makam ulama besar Tunisia yaitu Syaikh 'Allamah Muhammad Tahir bin 'Asyur,” kata Zuhairi setelah melakukan ziarah ke makam Muhammad Tahir di Tunis, Tunisia, Minggu.

Selengkapnya di sini.

5. Presiden Jokowi lantik lima wakil menteri baru

Presiden Joko Widodo melantik lima orang wakil menteri baru Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 32 M Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023