Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa ekonomi telah diberitakan Kantor Berita ANTARA pada Senin (17/7/2023) kemarin, mulai dari Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang membahas proyek strategis nasional (PSN), hingga Badan Pusat Statistik (BPS) yang merilis data rasio gini untuk Maret 2023.

Berikut rangkuman berita ekonomi kemarin yang layak disimak pada pagi ini.

1. Menko Airlangga temui Ganjar bahas 37 PSN di Jawa Tengah

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menemui Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo untuk membahas perkembangan dari 37 Proyek Strategis Nasional (PSN) senilai Rp258,76 triliun di Jateng.

Selengkapnya di sini

2. Mentan ingatkan Pemda maksimal atasi kekeringan, jaga pangan nasional

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) memaksimalkan upaya mengatasi ancaman kekeringan ekstrem agar tidak mengganggu produktivitas pertanian dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional.

Selengkapnya di sini

3. Pemerintah membahas rencana penghapusan kredit macet UMKM di perbankan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah sedang membahas rencana penghapusbukuan dan penghapustagihan kredit macet UMKM di perbankan, mengingat masih diperlukan sejumlah penyesuaian peraturan terutama terkait perpajakan.

Selengkapnya di sini

4. Menkeu: Pembangunan infrastruktur jurus keluar dari middle income trap

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur untuk memperkuat rantai pasok ekosistem ekraf dalam negeri.

Selengkapnya di sini

5. BPS catat tingkat ketimpangan Maret 2023 naik menjadi 0,388

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat ketimpangan pengeluaran yang diukur menggunakan rasio gini naik menjadi 0,388 pada Maret 2023.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023