Guangzhou (ANTARA) - Topan Talim, topan keempat tahun ini, mendarat di area pesisir Provinsi Guangdong, China selatan, pada Senin (17/7) malam waktu setempat, menurut Pusat Meteorologi Nasional (National Meteorological Center/NMC) China.

Hampir 230.000 orang di Guangdong telah dievakuasi ke tempat yang aman pada Senin pukul 17.00 saat provinsi tersebut bersiap menghadapi topan itu.

Otoritas setempat telah memerintahkan penutupan 68 destinasi wisata pantai, menarik kembali 2.702 kapal penangkap ikan, dan memerintahkan 8.262 pekerja budi daya ikan untuk dievakuasi ke darat.

NMC mengatakan bahwa topan itu diperkirakan akan bergerak ke Teluk Beibu di Laut China Selatan, dan kemungkinan mendarat kembali di area pesisir Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi pada Selasa (18/7) pagi waktu setempat.

Otoritas transportasi China pada Senin yang sama mengatakan bahwa mereka telah mengerahkan pasukan penyelamatan untuk merespons topan tersebut.

Sebanyak 11 kapal penyelamatan, lima helikopter, 46 kapal penolong (salvage ship), dan delapan tim penyelamat darurat sudah bersiaga, menurut Biro Penyelamatan dan Pertolongan Kementerian Transportasi China.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023