Beijing (ANTARA) - Output industri bernilai tambah China yang merupakan sebuah indikator ekonomi penting, naik 3,8 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada paruh pertama (H1) tahun ini, demikian data dari Biro Statistik Nasional (National Bureau of Statistics/NBS) China yang dipublikasikan pada Senin (17/7).

Pada Juni saja, menurut NBS, output industri naik 4,4 persen (yoy) atau lebih cepat dari pertumbuhan 3,5 persen yang tercatat pada Mei.

Output industri digunakan untuk mengukur aktivitas perusahaan besar dengan omzet bisnis utama tahunan masing-masing minimal 20 juta yuan atau sekitar 2,8 juta dolar AS.

Produksi industri China telah menunjukkan pemulihan yang stabil pada H1 tahun ini, dengan sektor manufaktur peralatan membukukan ekspansi yang relatif cepat, kata Fu Linghui, juru bicara NBS, dalam konferensi pers.

Di antara tiga sektor utama, yaitu manufaktur, pertambangan, serta produksi dan pasokan utilitas, output sektor manufaktur menunjukkan pertumbuhan tercepat, naik 4,2 persen (yoy) pada H1 tahun ini.

Output sektor manufaktur peralatan meningkat 6,5 persen dari tahun lalu selama periode Januari-Juni, 2,7 poin persentase lebih tinggi dari keseluruhan pertumbuhan output industri.

Dalam perincian berdasarkan kepemilikan, output perusahaan yang dikelola pemerintah dan perusahaan ekuitas bersama keduanya naik 4,4 persen (yoy) dalam enam bulan pertama, sementara untuk sektor swasta tumbuh 1,9 persen.

Menurut NBS, sektor manufaktur mesin dan peralatan listrik menonjol dengan pertumbuhan output sebesar 15,7 persen dalam basis tahunan, diikuti oleh sektor manufaktur mobil, yang tumbuh 13,1 persen dari setahun lalu.

Dalam hal produk, produksi sel surya, mobil energi baru, serta komputer dan sistem kontrol industri melonjak masing-masing sebesar 54,5 persen, 35 persen, dan 34,1 persen (yoy).

Data pada Senin tersebut juga menunjukkan bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) China tumbuh 5,5 persen (yoy) pada H1 2023, dengan pertumbuhan PDB mencapai 6,3 persen pada kuartal kedua.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023