Kami menampilkan ragam kuliner khas Kalimantan Tengah dengan menu-menu andalan, seperti lais goreng, patin bakar, ikan wadi patin
Palangka Raya (ANTARA) - Provinsi Kalimantan Tengah berhasil menjadi juara peringkat pertama Tema Kuliner pada Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalimantan Tengah Adiah Chandra Sari dihubungi di Palangka Raya, Selasa, menjelaskan, keikutsertaan Kalteng pada lomba Video Kreatif Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) edisi Juni berhasil meraih posisi pertama setelah mengalahkan Provinsi Bali pada nomor urut dua dan Jawa Timur di urutan ketiga.

“Kami menampilkan ragam kuliner khas Kalimantan Tengah dengan menu-menu andalan, seperti lais goreng, patin bakar, ikan wadi patin, sambal batang suli, juhu rotan baung, kandas serai, baung bakar, sop ikan jelawat, oseng kelakai, ikan saluang goreng dan masih banyak lagi lainnya," katanya.

Kompetisi ini diselenggarakan guna menyemarakkan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dalam upaya mencapai target wisatawan Nusantara sebanyak 1,2-1,4 miliar pergerakan pada 2023.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak dinas pariwisata di seluruh Indonesia turut mempromosikan daerah masing-masing, termasuk Kalteng.

Salah satu strategi promosinya yakni melalui kolaborasi dan mendorong para pemangku kepentingan pariwisata agar semakin gencar dan kreatif dalam mempromosikan potensi-potensi pariwisata maupun ekonomi kreatif yang dimiliki.

Baca juga: Kalteng memastikan ketersediaan pangan aman antisipasi dampak El Nino

Baca juga: Dekranasda optimistis wastra Kalteng mampu menembus pasar ekspor


"Ajang ini juga sebagai wujud apresiasi bagi pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten dan kota dalam memajukan destinasi di masing-masing daerah," tuturnya.

Adapun penghargaan yang diraih Pemprov Kalteng ini diterima langsung oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo dan diserahkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno di Jakarta, Senin (17/7) malam.

Edy Pratowo mengatakan penghargaan tersebut tak sekadar bentuk apresiasi dari pemerintah pusat, namun juga sebagai wujud komitmen dari Pemprov Kalimantan Tengah dalam mendukung serta menggerakkan sektor pariwisata dalam pemulihan ekonomi secara umum.

“Sektor pariwisata kita di Kalteng sangat luar biasa, ini harus kita optimalkan agar berdampak kepada sektor perekonomian. Penghargaan untuk tema kuliner ini menjadi pemantik semangat kita untuk semakin mengoptimalkan potensi pariwisata," tegasnya.

Baca juga: Bandara Tjilik Riwut aktifkan kembali fasilitas inap bagi penumpang

Baca juga: Wagub Kalteng: Gernas BBI-BBWI makin menghidupkan perekonomian daerah

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023