Jalan tol akan menjadi solusi mengatasi macet di Jalur Puncak yang terjadi hampir setiap hari...
Cianjur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, Jawa Barat menyambut baik rencana pembangunan jalan tol sepanjang 51 kilometer mulai dari kawasan Bogor hingga Cianjur, mengingat selama ini keberadaan jalan bebas hambatan ini sangat diharapkan sebagai solusi macet di jalur Puncak.

Bupati Cianjur Herman Suherman, di Cianjur, Selasa, mengatakan wacana akan dibangunnya Jalan Tol Puncak-Cianjur oleh pemerintah pusat mulai Caringin, Megamendung sampai Cianjur, tentunya menjadi angin segar bagi warga dan pemerintah daerah.

"Namun namanya pembangunan jalan tol tidak mudah, mulai dari perencanaan, Amdal, studi dan pembebasan lahan, sehingga proses jalan tol masih panjang, namun harapan kami dapat dengan cepat terealisasi," katanya lagi.

Pihaknya berharap dengan dibangunnya jalan tol dari Bogor sampai Cianjur dapat meningkatkan angka kunjungan dan pertumbuhan perekonomian di Cianjur, sehingga warga luar kota dengan tujuan Puncak-Cianjur tidak lagi terjebak macet hingga berjam-jam.

"Jalan tol akan menjadi solusi mengatasi macet di Jalur Puncak yang terjadi hampir setiap hari, terutama saat libur panjang akhir pekan, sehingga perekonomian dapat meningkat seiring tingginya angka kunjungan wisatawan," katanya pula.

Rencana pembangunan Jalan Tol Puncak-Cianjur terungkap dalam postingan instagram Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Minggu (16/7).

Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil menyebutkan bahwa Jalan Tol Puncak-Cianjur mulai diproses dan segera dibangun untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi objek wisata favorit warga dari berbagai daerah terutama Jabodetabek.

"Pembangunan ini menindaklanjuti berbagai aspirasi masyarakat Kabupaten Bogor dan Cianjur," katanya lagi.

Jalur tol ini dibangun Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sepanjang 51 kilometer dari Caringin, Megamendung sampai Cianjur yang nanti akan disambung dari Cianjur ke Padalarang terkoneksi ke Tol Garut-Tasik-Ciamis-Banjar-Pangandaran.
Baca juga: Urai kemacetan, Plt Bupati Bogor sambut baik wacana Jalan Tol Puncak
Baca juga: Polri siapkan strategi hadapi puncak arus mudik dan balik di jalan tol

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023