Jakarta (ANTARA) -
Warga sekitar Masjid Jami Assalafiyah Pangeran Jayakarta, Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, Selasa malam, melakukan pawai obor untuk menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah pada Rabu (19/7).
 
Sejak pukul 19.00 WIB warga berkumpul di depan Masjid Jami Assalafiyah Pangeran Jayakarta untuk melakukan pawai obor. Usai Shalat Isya, warga berjalan dalam pawai mengelilingi Jalan Jatinegara Kaum.
 
Ketua Masjid Assalafiyah Pangeran Jayakarta H Manaf Triyadi mengatakan pawai obor yang diikuti warga dari 11 RT di RW 03 itu dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam.
 
Pawai obor ini dimulai dari depan pintu masuk Masjid Jami Assalafiyah Pangeran Jayakarta, kemudian mengarah ke Jalan Bekasi Raya. Lalu berputar balik mengarah ke Alun-Alun Layur, Jatinegara Kaum dan berakhir kembali ke depan masjid.
 
"Lebih kurang jaraknya dua kilometer ya jalannya pawai. Di akhir acara kita adakan doa bersama di dalam masjid," kata Manaf.

Baca juga: 1.500 warga Pulogadung pawai tahun baru Islam
Baca juga: Warga Jakarta Timur gelar pawai Tahun Baru Islam

 
Warga menggelar pawai obor dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1445 H di depan Masjid Jami Assalafiyah Pangeran Jayakarta, Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, Selasa malam (18/7/2023). (ANTARA/Syaiful Hakim)
Dia berharap sebagai umat Islam sudah sepatutnya menyambut Tahun Baru Islam.

 "Tidak hanya orang Islam yang ikut pawai obor, namun ada warga non Islam yang juga ikut. Kita utamakan pluralisme dan kebersamaannya," kata Manaf.

Pawai obor juga dikawal personel Kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Babinsa yang bertugas membantu pengamanan selama kegiatan tersebut.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023