...uang tunai satu juta euro sebagai langkah kontingensi untuk menyediakan pinjaman bagi personil militer dan keluarga mereka."
London (ANTARA News) - Inggris mengerahkan satu pesawat Angkatan Udara Kerajaan (RAF) ke Siprus yang dilanda krisis pada Selasa untuk membawa uang senilai satu juta euro (1,3 juta dolar AS) sebagai persediaan darurat bagi personel militer Inggris, kata Kementerian Pertahanan.

Penerbangan pesawat kargo yang membawa uang tunai itu merupakan langkah kontingensi kalau-kalau bank di Siprus tak lagi memberikan uang karena pulau itu sedang mengalami masalah terkait dengan "bailout" euro, kata seorang juru bicara.

"Satu penerbangan pesawat RAF berangkat ke Siprus siang ini membawa uang tunai satu juta euro sebagai langkah kontingensi untuk menyediakan pinjaman bagi personil militer dan keluarga mereka," kata jubir itu dalam pernyataan yang diterima AFP.

Kementerian Pertahanan proaktif untuk menyediakan gaji personil pada Maret dan bulan-bulan lain dibayar dalam rekening bank-bank Inggris daripada bank-bank Siprus, katanya.

Dikatakannya, langkah itu diambil untuk meminimalkan dampak dari krisis perbankan Siprus atas warga Inggris.

Inggris tak menggunakan euro sebagai mata uang nasionalnya.

Lebih 3.000 tentara Inggris bertugas di dua pangkalan militer di Siprus, yang digunakan sebagai kawasan strategis di Laut Tengah dengan sekitar 500 personel sipil. (M016)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013