Jakarta (ANTARA) - Anak usaha BUMN PT Pelindo (Persero), IPC Terminal Petikemas (IPC TPK) mengajak masyarakat Jakarta Utara menyumbang 100 kantong darah per hari ke Palang Merah Indonesia (PMI).

Direktur Operasi dan Teknik IPC TPK Ahmad Mimbar mengatakan target pengumpulan 100 kantong darah ini bisa dicapai dalam waktu tiga jam saja saat kegiatan donor darah dalam rangka perayaan HUT Ke-10 IPC TPK.

"IPC TPK pun bisa melampaui jumlah kantong darah yang disiapkan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia. Dalam tiga jam kegiatan donor darah yang diikuti pihak terkait Pelabuhan Tanjung Priok, IPC TPK berhasil mengumpulkan 100 kantong darah," kata Ahmad di Jakarta, Selasa.

Karena itu, dia ingin menggugah kepedulian masyarakat terhadap sesama melalui donor darah di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Ahmad berharap kegiatan donor darah tersebut memberikan dampak baik terhadap kesehatan pendonor maupun pihak yang mendapatkan donor darah. Selain itu juga dapat memenuhi kebutuhan stok darah nasional.

Baca juga: Pelayaran langsung ke China dan Vietnam pacu ekspor-impor Indonesia
Baca juga: IPC TPK bertekad pertahankan kinerja positif pada 2023


Berdasarkan standar World Health Organization (WHO), kebutuhan darah minimal di suatu negara, yakni dua persen dari jumlah penduduk negara tersebut.

Dalam data yang diperoleh, hingga Juni 2023 pemenuhan kebutuhan darah nasional yang dirilis oleh PMI di angka 93 persen. Sementara stok darah yang dilansir dari laman dataindonesia.id hingga Juni 2023 yang dimiliki Unit Donor Darah di seluruh Indonesia sebanyak 77.438 kantong.

IPC TPK mengambil peran untuk berkontribusi dalam mendukung pemerintah yang mendorong pihak terkait di pelabuhan untuk mendonorkan darahnya.

Kegiatan diikuti oleh 142 peserta yang terdiri dari pekerja Pelindo Group serta aparat keamanan di Pelabuhan Tanjung Priok dan hanya ada 100 orang yang bisa mendonorkan darahnya.

"Kegiatan ini rutin kami selenggarakan setiap tahunnya sebagai upaya pemenuhan kebutuhan darah yang bergantung pada partisipasi masyarakat," kata Ahmad.
Baca juga: IPC TPK siaga bongkar-muat peti kemas tujuh hari 24 jam
Baca juga: 140 siswa di Cilincing dapat pemeriksaan mata dari program IPC TPK


Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023