Pangkalpinang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu menggencarkan Program Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama Membangun Bangka Belitung  (Gule Kabung), guna menyosialisasikan wacana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di daerah itu.

"Melalui Program Gule Kabung ini, kegiatan sosialisasi pembangunan PLTN ini tentunya akan berjalan baik dan lebih tepat sasaran," kata Suganda Pandapotan Pasaribu di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan PT ThorCon Power Indonesia telah merampungkan sebuah buku saku tentang tenaga nuklir dan isi buku saku tentang PLTN ini akan disosialisasikan kepada masyarakat melalui Program Gule Kabung.

"Gule Kabung ini momentum tepat bagi PT ThorCon Power Indonesia memberikan sosialisasi wacana pembangunan PLTN di Pulau Bangka ini," katanya.

Menurut dia Program Gule Kabung dimana Penjabat Gubernur Kepulauan Babel bersama kepala organisasi perangkat daerah, Forkopimda dan instansi terkait lainnya turun langsung ke masyarakat merupakan kegiatan sosialisasi yang tepat.

"Kegiatan sosialisasi seperti ini yang masyarakat butuhkan. Saya rasa PT ThorCon bisa bersama-sama kami, menemui langsung masyarakat pada Program Gule Kabung dalam waktu dekat ini," katanya.

Ia menyatakan dalam kegiatan nanti, manajemen ThorCon Power Indonesia bisa menjelaskan PLTN seperti apa, agar masyarakat tersosialisasikan, agar tidak ada lagi ketakutan akan yang namanya tenaga nuklir.

"Jangan sampai di masyarakat nanti mendengar nuklir ini asumsinya akan seperti Chernobyl, dan sebagainya," ujarnya.

Kepala Cabang PT ThorCon Power Indonesia Kepulauan Babel Erridian Rosnata sangat menyambut baik kegiatan sosialisasi pembangunan PLTN melalui Gule Kabung ini.

"Kami siap dan menyambut baik Program Gule Kabung ini, sehingga berkolaborasi dengan Pemprov Kepulauan Babel dan instansi pemerintah daerah lainnya akan semakin baik," katanya. 

Pewarta: Aprionis
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023