Hong Kong (ANTARA) - Bandar Udara Internasional Hong Kong (HKIA) menangani 16,5 juta penumpang pada paruh pertama (H1) 2023, naik lebih dari 18 kali lipat dari basis rendah selama periode yang sama pada 2022, tunjuk data dari Otoritas Bandar Udara Hong Kong (Airport Authority Hong Kong/AAHK) pada Selasa (18/7).

HKIA menangani 3,3 juta penumpang pada Juni, atau tumbuh 6,9 persen dibandingkan throughput penumpang pada Mei.

Angkutan kargo dan pergerakan penerbangan mencatatkan peningkatan bulanan masing-masing sebesar 1,4 persen dan 0,7 persen ke angka 355.000 ton dan 22.365.

Dibandingkan dengan bulan yang sama pada 2022, volume penumpang dan pergerakan penerbangan masing-masing meningkat lebih dari 10 kali lipat dan dua kali lipat.

Semua segmen penumpang mengalami pertumbuhan yang signifikan secara tahunan (year on year), dengan lalu lintas ke dan dari Asia Tenggara, China Daratan, dan Jepang mencatatkan peningkatan paling signifikan.

Steven Yiu, direktur eksekutif operasional bandara AAHK, mengatakan lalu lintas penumpang di bandara tersebut telah pulih sekitar 60 persen dari tingkat prapandemi, dan mencapai puncak lebih dari 127.000 penumpang pada 25 Juni, rekor tertinggi sejak pandemi COVID-19.

HKIA bekerja sama dengan berbagai maskapai penerbangan dan mitra bisnis lainnya untuk menyambut lebih banyak penumpang selama periode perjalanan musim panas, serta untuk memperkuat status bandara tersebut sebagai pusat penerbangan internasional, tutur Yiu.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023