Sepeda motor roda tiga akan dimodifikasi sesuai dengan kekurangan setiap penyandang disabilitas, kemudian diberikan gerobak di belakang sepeda motor tersebut
Mukomuko (ANTARA) -
Kementerian Sosial (Kemensos) RI  akan memberikan bantuan berupa sepeda motor roda tiga kepada dua orang penyandang disabilitas di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, guna memudahkan mereka dalam melakukan berbagai aktivitas usaha.
 
"Sepeda motor roda tiga diperuntukkan untuk penyandang disabilitas yang memiliki usaha, itu yang kita arahkan mendapatkan bantuan dari Kemensos RI," kata Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Fitriani Ilyas di Mukomuko, Rabu.
 
Dua disabilitas, warga Kecamatan Penarik dan Kecamatan Teramang itu diusulkan mendapat sepeda motor roda tiga itu, menurut dia, merupakan  penyandang disabilitas yang melakukan usaha mengumpulkan barang bekas di wilayahnya masing-masing.
 
"Sepeda motor roda tiga akan dimodifikasi sesuai dengan kekurangan setiap penyandang disabilitas, kemudian diberikan gerobak di belakang sepeda motor tersebut," ujarnya.
 
Bantuan Kemensos RI tersebut diberikan pada  Desember 2023, atau bertepatan pada saat peringatan Hari Disabilitas Internasional.
 
Terkait hanya dua disabilitas di daerah ini yang mendapatkan bantuan sepeda motor roda tiga, ia mengatakan, berdasarkan data yang ada dan usulan dari pemerintah kecamatan di daerah ini.
 
"Kadang-kadang data kita dapat dari kawan di lapangan karena kawan-kawan yang paham kondisi disabilitas yang ada di daerah mereka masing-masing," ujarnya.
 
Ia mengatakan, kalau pak camat mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah setempat kemungkinan kecil dapat karena tidak ada anggaran.
 
"Untuk itu kita bersurat ke Kementerian Sosial RI karena di situ induk bantuan sosial untuk penyandang disabilitas," ujarnya.
 
Selanjutnya, ia mengajak, camat di daerah ini agar melihat siapa saja masyarakat penyandang disabilitas yang membutuhkan itu, kemudian masukkan usulan ke Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko.
 
Untuk sekarang ini, katanya, camat yang menanggapi program bantuan sepeda motor roda tiga hanya dua kecamatan, yakni Kecamatan Penarik dan Kecamatan Teramang Jaya.
 
Dia juga menjelaskan, sekitar 600 penyandang disabilitas yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini.

Baca juga: Kemensos-Komisi VIII DPR salurkan bansos bagi ratusan ribu KPM Sumsel
Baca juga: Kemensos-Komisi VIII salurkan bansos Rp37,3 miliar ke Kulon Progo
Baca juga: Hoaks! Pemerintah salurkan bansos melalui laman dana.bansosid.com

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023