Jakarta (ANTARA) -
Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (19/7), mulai dari Presiden RI Jokowi tiba di Bengkulu untuk meresmikan jalan tol hingga Panglima TNI memutasi 96 perwira tinggi.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA:
 
1. Presiden Jokowi tiba di Bengkulu untuk resmikan jalan tol pada Kamis
 
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana tiba di Kota Bengkulu sekitar pukul 15.15 WIB, Rabu (19/7) untuk melakukan kunjungan kerja, salah satunya meresmikan jalan tol pada Kamis (20/7).
 
Berdasarkan keterangan resmi dari Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, Rabu, Presiden Jokowi disambut oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah beserta istri, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi beserta istri, dan Kapolda Bengkulu Irjen Pol. Armed Wijaya beserta istri, saat tiba di Bandar Udara Fatmawati Soekarno, Kota Bengkulu.
 
Selengkapnya baca di sini.

2. PDIP akan panggil Budiman Sudjatmiko untuk klarifikasi
 
Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kehormatan Komarudin Watubun menyatakan bahwa pihaknya akan memanggil politikus PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko untuk melakukan klarifikasi terkait kunjungannya ke kediaman bakal calon presiden sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.
 
"Pasti kami panggil. Semua diperlakukan sama,” ujar Komarudin saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Rabu (19/7).
 
Selengkapnya baca di sini.

3. Puan ajak jadikan Tahun Baru Islam momentum pupuk kepedulian
 
Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak umat Islam memaknai Tahun Baru Islam 1445 Hijriah sebagai momentum tepat untuk merefleksikan nilai-nilai kebangsaan, serta memupuk dan meningkatkan kepedulian dalam bermasyarakat maupun bernegara.
 
"Muslim juga dapat merefleksikan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam semangat menjaga kebersamaan, membangun persatuan, serta memupuk nasionalisme dan rasa bangga terhadap identitas Indonesia sebagai negara yang penuh dengan keberagaman," kata Puan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (19/7).
 
Selengkapnya baca di sini.

4. KSAD ajak generasi muda maknai nilai perjuangan pahlawan
 
Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jendral TNI Dudung Abdurrahman mengajak generasi mudah bisa memaknai nilai-nilai perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia.
 
"Kami berharap para generasi muda akan tumbuh dan berkembang rasa jiwa persatuan dan kesatuan, rela berkorban, dan bela negara. Hal ini menjadi sangat penting untuk terus dipupuk dan ditanamkan sejak dini," katanya pada acara peresmian Tugu Perjuangan Kota Pekalongan di Pekalongan, Rabu (19/7).
 
Selengkapnya baca di sini.

5. Panglima mutasi 96 perwira tinggi, beberapa mengisi jabatan strategis
 
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono memutasi 96 perwira tinggi yang sebagian besar dari mereka mengisi pos jabatan strategis, di antaranya Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI, pangkogabwilhan, pangkoarmada, dan pangdam.
 
Laksamana Yudo, dalam siaran tertulisnya yang dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda (Laksda) TNI Julius Widjojono di Jakarta, Rabu (19/7), menjelaskan mutasi, rotasi, dan promosi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan organisasi, membina karier para perwira, dan mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI.
 
Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023