Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa berkaitan dengan isu perkotaan terjadi di DKI Jakarta pada Rabu (19/7), mulai dari eksistensi becak kayuh hingga sumber kebakaran di gedung K-Link.

Berikut rangkaian berita yang telah dirangkum ANTARA:

Polisi ungkap sumber kebakaran di gedung K-link dari tabung gas

Pihak Kepolisian mengungkap sumber kebakaran di Gedung K-Link Tower, Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Kuningan Timur, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, pada Sabtu (15/7) dari tabung gas pada salah satu kafe di dalam gedung tersebut.

"Hasil pemeriksaan terhadap sumber api diduga dari dua tabung gas elpiji 12 kilogram yang digunakan di lantai 7 sebagai dapur salah satu kafe di gedung tersebut, " kata Kapolsek Setiabudi Kompol Arif Oktora di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya
​​​​​​
Penarik becak hias ramaikan pawai Tahun Baru Islam 1445 Hijriah di JIC

Sekitar 20 puluh penarik becak hias meramaikan pawai memperingati Tahun Baru Islam 1445 Hijriah di kawasan Jakarta Islamic Center (JIC), Koja, Jakarta Utara, Rabu pagi.

Rombongan becak hias ini membawa anggota kelompok Majelis Taklim Perempuan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia dan Komunitas One Day One Juz JIC di Koja, Jakarta Utara.

Salah seorang penarik becak, Mansur (67) mengaku senang ikut meramaikan aksi pawai tersebut sekaligus ingin memperlihatkan eksistensi kehadiran becak di tengah-tengah kemajuan transportasi di Ibu Kota.

Baca selengkapnya

Pemprov DKI diminta perketat pengawasan taman kota cegah LGBT
​​​​​​​
​​​​​​​Sekretaris Komisi B DPRD DKI Jakarta Wa Ode Herlina meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperketat pengawasan hutan dan taman kota untuk mencegah aktivitas lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT).

"Contohnya di hutan kota Jalan Perindustrian, Jakarta Timur karena menjadi tempat berkumpulnya kaum LGBT,” kata Herlina saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Dihubungi terpisah, Kasatpol PP Jakarta Timur Budhy Novian menyatakan pihaknya siap membantu melakukan pengawasan jika menemukan adanya pelanggaran di wilayahnya.

Baca selengkapnya

TransJakarta ubah jam layanan rute Bandara Soetta mulai 19 Juli

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) mengubah jam layanan rute Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, mulai Rabu (19/7) setelah uji coba dilakukan selama dua pekan sejak 5 Juli 2023.

"Ternyata kawasan perkantoran pergudangan jam 6 itu jam masuk kerjanya. Jadi kalau kami baru mulai antar dari Terminal Kalideres sampai di sana jam 7, mereka sudah terlambat," kata Direktur Operasional dan Keselamatan TransJakarta Daud Joseph saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya
​​​​​​​
Pemprov DKI perkuat bansos untuk kurangi beban masyarakat tak mampu

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperkuat bantuan sosial (bansos) dalam rangka memberikan perlindungan sosial yang menjadi salah satu cara pengurangan beban masyarakat tidak mampu di DKI Jakarta.

Kebijakan tersebut dituangkan melalui Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 34 tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Jakarta.

"Kami diberi tugas melaksanakan intervensi percepatan mencegah kemiskinan ekstrem secara tepat sasaran di antaranya mengurangi beban masyarakat dan meningkatkan pendapatan masyarakat," kata Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Premi Lasari di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya

​​​​​​​

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2023