Beijing (ANTARA) - Para awak Shenzhou-16 yang saat ini berada di stasiun luar angkasa China akan melakukan aktivitas di luar wahana antariksa (extravehicular activity/EVA) pertama mereka dalam beberapa hari mendatang, demikian disampaikan Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA) pada Rabu (19/7).

Awak Shenzhou-16 merupakan perpaduan baru yang terdiri dari tiga macam astronaut, yaitu komandan, engineer penerbangan, dan pakar muatan. Mereka telah mengorbit selama 51 hari sejak memasuki kombinasi stasiun luar angkasa pada 30 Mei lalu.

Kru tersebut telah melaksanakan serangkaian eksperimen sains antariksa dalam bidang-bidang seperti ekologi kehidupan dan fisika lingkungan gravitasi mikro, serta merampungkan pemasangan perangkat eksperimen paparan biologi radiasi luar angkasa pada modul laboratorium Mengtian dan tabung gas pada sistem propulsi listrik stasiun luar angkasa.

Menurut CMSA, eksperimen paparan biologi radiasi itu sangat penting untuk memastikan para astronaut tetap sehat dalam jangka panjang di orbit, serta mendorong rencana pendaratan berawak China di Bulan.

Dengan pemasangan tabung gas pada sistem propulsi listrik di orbit, penggunaan metode "pertukaran gas" digunakan untuk pertama kalinya guna merampungkan pengisian propelan listrik dalam pemeliharaan orbit jangka panjang di stasiun luar angkasa itu, serta menjadikan pengoperasiannya lebih ekonomis dan efisien.

CMSA menuturkan bahwa para awak Shenzhou-16 berada dalam kondisi baik, dan kombinasi stasiun luar angkasa beroperasi stabil.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023