Jakarta (ANTARA) - Platform kampanye politik berbasis kecerdasan buatan generatif (Artificial Intelligence) hadir di Indonesia dengan nama PEMILU.AI. yang mampu membantu para kontestan memahami kompleksitas lanskap politik di Indonesia.

CEO PEMILU.AI Luky Djani menyampaikan bahwa teknologi AI ini berperan sebagai konsultan politik personal, yang ditujukan untuk membantu para calon anggota legislatif (caleg) memahami lebih dalam terkait aspirasi masyarakat di daerah pemilihan.

“PEMILU.AI dirancang untuk menganalisis big data, sehingga nantinya bisa memberikan rekomendasi microtargeting strategi kampanye tepat sasaran yang sesuai dengan target suara, wilayah dan kelompok sasaran, serta personal caleg," katanya di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, berbagai macam data seperti data politik, sosial ekonomi, demografi, profil personal caleg, hingga data media sosial dan media online dari daerah pemilihan disajikan dengan beragam fitur inovatif untuk meningkatkan peluang kemenangan pemilu.

Baca juga: Kemenkominfo pantau perkembangan AI di media sosial jelang Pemilu 2024

Luky menjelaskan, pemilu di Indonesia sangat dinamis dan kompetitif, karena beragamnya etnis, budaya, ekonomi dan geografi, sehingga menjadi tantangan bagi para calon wakil rakyat.

Adapun platform tersebut membantu caleg memahami peta perpolitikan yang kompleks. 

Menurut dia, teknologi ini diharapkan menjadi terobosan baru yang solutif untuk memberikan kesempatan yang sama bagi calon wakil rakyat, khususnya dalam mengupayakan terwujudnya aspirasi masyarakat lewat pemilu yang berintegritas dan setara.

Dari sisi rekomendasi strategi kampanye, PEMILU.AI dapat membantu calon anggota dewan perwakilan rakyat, mendapatkan wilayah sasaran, target suara, rekomendasi strategi, kegiatan dan kelompok sasaran per kecamatan berdasarkan isu kritikal daerah pemilihan, serta rekomendasi berita daring di daerah pemilihan.

Baca juga: Denny JA sebut inovasi AI dapat dimanfaatkan untuk Pilpres 2024

Dari sisi komunikasi, yakni merancang kampanye mulai dari slogan, narasi pidato, caption media sosial, target sasaran iklan, dan desain Alat Peraga Kampanye (APK), hingga dapat menyediakan aplikasi monitoring timses, yang dirancang untuk membantu calon legislatif meningkatkan peluang memenangkan pemilihan dalam kampanye mereka.

Platform PEMILU.AI juga dilengkapi dengan aplikasi bernama ‘Tim Sukses’ yang dapat membantu memonitor kegiatan dan mengukur efektivitas tim sukses dalam melakukan canvassing, penggalangan dukungan, dan kegiatan kampanye.

“Guna mendukung pemilu yang berintegritas, PEMILU.AI menawarkan berbagai tools dan fitur yang bisa memberikan strategi kampanye hingga strategi komunikasi pada konstituen," ujarnya.

Baca juga: Pentingnya teknologi kepemiluan untuk 2024

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023