Mumbai (ANTARA) - Sedikitnya lima orang tewas dan sejumlah besar lainnya dikhawatirkan terkubur ketika tanah longsor melanda sebuah desa di Negara Bagian Maharashtra, India, setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut, kata pejabat setempat pada Kamis.

Tanah longsor terjadi pada tengah malam di desa pegunungan Irshalwadi, sekitar 60 kilometer dari Mumbai, menurut laporan sejumlah media yang mengutip para pejabat.

"Sebanyak 48 keluarga tinggal di sana. Sekitar 75 orang telah dievakuasi dan sejauh ini tercatat lima orang tewas," kata wakil kepala menteri setempat Devendra Fadnavis melalui Twitter.

Laporan awal menyebutkan sekitar 100 orang dikhawatirkan terjebak di puing-puing. Di tengah kondisi hujan, tim penyelamat terus melakukan pencarian korban selamat, sedangkan para kerabat menunggu kabar di kaki gunung.
Baca juga: Badai Biparjoy sebabkan mati listrik, pohon tumbang di India, Pakistan

"Masalahnya adalah di beberapa tempat kedalaman puing hampir 20-30 meter dan harus diangkat secara manual," kata salah satu petugas kepada stasiun TV ABP Majha.

Menteri Utama Maharashtra Eknath Shinde yang berada di lokasi kejadian mengatakan kepada wartawan bahwa sulit untuk memastikan jumlah orang yang terjebak.

Hujan tiada henti menutup sekolah, merendam jalanan dan mengganggu perjalanan kereta api di seluruh Maharashtra.

Sekolah dan kampus di Mumbai juga ditutup pada Kamis. Sejumlah layanan kereta juga dihentikan pada Rabu setelah hujan mengguyur kota tersebut.

Beberapa distrik di Maharashtra mencatat curah hujan lebih dari 100 mm pada Rabu (19/7) dengan hujan yang lebih deras diperkirakan turun pada keesokan harinya, menurut badan meteorologi setempat.

Baca juga: Sedikitnya 16 orang tewas diduga tersengat listrik di India

Sumber: Reuters

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023