Kupang (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) dan dua rumah sakit di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), bekerja sama dalam penempatan dokter spesialis urologi guna mendukung pelayanan kesehatan bagi warga di NTT.

"Melalui kerja sama itu Fakultas Kedokteran UI bersama Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) akan menempatkan dokter spesialis urologi untuk pelayanan dan pendidikan di RSUD Prof Dr WZ Johannes dan Rumah Sakit Siloam Kupang," kata Dekan Fakultas Kedokteran UI Prof Ari Fahrial Syam pada penandatanganan nota kesepahaman Program Studi Urologi, di Kupang, Kamis.

Ari menjelaskan, penempatan dokter urologi itu juga bertujuan untuk memotivasi dokter-dokter di NTT agar mereka juga memiliki harapan untuk bisa sekolah lebih lanjut menjadi spesialis urologi.

Baca juga: UI-Universitas di Taiwan kolaborasi layani pasien berkebutuhan khusus

"Kerja sama penempatan dokter urologi itu akan terus berjalan ke depan hingga suatu saat akan ada layanan operasi cangkok ginjal di NTT serta Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang bisa membuka Program Studi Urologi," katanya.

Ari mengatakan, kerja sama tersebut juga karena pihaknya merasa memiliki kedekatan dengan NTT yang pernah dipimpin oleh dr Ben Boi sebagai Gubernur NTT (1978-1988), yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran UI.

"Hal itu yang juga memotivasi kami untuk hadir di NTT membantu meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah ini," katanya.

Ia menambahkan bahwa ke depan, selain urologi, juga terbuka kesempatan kerja sama penempatan dokter untuk layanan penyakit dalam dan lain-lain.

Baca juga: Doktor FKUI temukan teknik baru operasi kebocoran katup jantung anak

Deputi Presiden Direktur Rumah Sakit Siloam Kupang Caroline Riady menyampaikan bahwa kerja sama itu merupakan yang pertama dijalani, yang membuat Rumah Sakit Siloam Kupang sebagai bagian dari rumah sakit pendidikan.

"Kerja sama itu merupakan suatu kehormatan bagi Rumah Sakit Siloam Kupang dan kami berkomitmen untuk mendukung agar outcome dari peserta didik yang ditempatkan di Rumah Sakit Siloam Kupang bisa optimal," katanya.

Caroline berharap kerja sama itu dapat bermanfaat bagi peserta didik dan mendukung Fakultas Kedokteran UI serta RSCM dalam meningkatkan kapasitas dokter urologi.

Baca juga: Doktor FKUI kembangkan diagnosis kanker tiroid berbasis mutasi genetik

"Kami juga berharap kerja sama itu juga bermanfaat bagi seluruh masyarakat NTT karena adanya SDM yang ditempatkan di Rumah Sakit Siloam Kupang sehingga nantinya ada lulusan urologi yang lebih banyak dari daerah ini," katanya.

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023