Kedatangan saya kali ini langsung membawa proposal konkret.
Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyambut rencana realisasi kerja sama pengembangan transportasi publik kereta api (KA) dengan Republik Ceko.

"Saya melihat ada hal yang sangat substantif yang kami bahas pada siang hari ini. Mudah-mudahan nanti bisa lebih konkret lagi setelah ada tim dari Republik Ceko yang akan datang ke Indonesia, yang insya Allah juga ke Jawa Timur," kata Khofifah kepada wartawan usai menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Republik Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis.

Dubes Jaroslav Dolecek menyatakan sebelumnya telah bertemu dengan perwakilan Pemprov Jatim untuk menjajaki kemungkinan berbagai potensi kerja sama bilateral.

"Kedatangan saya kali ini langsung membawa proposal konkret, salah satunya terkait kerja sama pengembangan transportasi publik kereta api," ujarnya pula.

Dubes Jaroslav Dolecek menjanjikan pada bulan September hingga Oktober mendatang akan menghadirkan delegasi ke Jatim untuk membahas lebih detail realisasi kerja sama pengembangan transportasi publik kereta api, yang sebelumnya juga telah dibicarakan dengan PT Industri Kereta Api (INKA) di Jakarta.

Kedatangan delegasi dari Republik Ceko itu, di antaranya nanti akan melakukan pembahasan terkait penataan pembangunan infrastruktur mass rapid transit (MRT) dan light rail transit (LRT) untuk koneksitas transportasi publik di wilayah aglomerasi Surabaya Raya.

"Saya melihat potensi yang begitu besar. Republik Ceko adalah sebuah negara yang luasnya empat kali lebih kecil dari wilayah Provinsi Jawa Timur. Namun kami memiliki teknologi yang bisa diterima di Jawa Timur, seperti teknologi transportasi kereta api. Kami akan hadirkan delegasi dari Republik Ceko ke Jawa Timur untuk melakukan pembahasan yang lebih konkret," katanya lagi.

Pada kesempatan itu diungkapkan bahwa Republik Ceko memiliki banyak keunggulan terkait kecanggihan teknologi.

Pertemuan Dubes Jaroslav Dolecek dengan Gubernur Khofifah menyebut dalam waktu dekat rencananya juga akan segera merealisasikan kerja sama teknologi pertanian, demi meningkatkan produktivitas sektor agro di Jatim.
Baca juga: Mensos tanggapi penangkapan perempuan WN Ceko
 

Pewarta: Abdul Hakim/Hanif Nashrullah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023