Makassar (ANTARA) - Dinas Sosial Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan berhasil mengembalikan ke daerah tersebut seorang anak perempuan yang merupakan anak kandung seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) berasal dari Pinrang yang meninggal dunia di Arab Saudi.

Anak perempuan itu bernama Annisa, anak dari almarhumah Hasna yang meninggal dunia di Arab Saudi, beberapa waktu lalu.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Pinrang Muhammad Siddiq melalui keterangan di Makassar, Kamis, mengatakan anak almarhumah Hasna yang berasal dari Desa Bakaru, Kecamatan Lembang dipulangkan ke daerah itu melalui beberapa tahapan.

“Kami telah menyerahkan kepada keluarga almarhumah Hasna di Desa Bakaru, Kecamatan Lembang pada Rabu (19/7) kemarin untuk dirawat dan dibesarkan," ujar dia.

Baca juga: Merawat cita-cita anak pekerja Indonesia di Malaysia

Ia menjelaskan awalnya Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Sentra Handayani mendapatkan rujukan anak tidak terdokumentasi dari Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) setelah almarhumah Hasna meninggal dunia pada Mei 2023.

Setelah mendapatkan rujukan, proses selanjutnya melakukan reintegrasi pemulangan Anisa dari Arab Saudi ke Indonesia yang kemudian akan ditempatkan di Sentra Handayani di Jakarta.

Anisa kemudian diserahkan ke Sentra Gau Mabaji Gowa yang selanjutnya pihak itu berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Pinrang untuk proses pemulangan dia ke kampung halaman sang ibu. Untuk selanjutnya, anak itu dirawat dan dibesarkan keluarga sang ibu di Desa Bakaru.

Ia berharap, kepulangan Anisa menjadi awal kehidupan yang lebih baik bagi sang anak meskipun ibunya telah wafat dan keberadaan sang ayah tidak diketahui hingga saat ini.

Baca juga: Anak TKI tak lagi harus jadi TKI
Baca juga: 540 anak TKI di Sabah terima beasiswa sekolah di Indonesia
Baca juga: Anak PMI yang orangtuanya meninggal di Malaysia dipulangkan ke Sulsel

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023