Waspadai potensi gelombang 4-5 meter berpeluang melanda Samudera Hindia selatan Sumba dan Sabu
Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga agar mewaspadai potensi gelombang laut setinggi 4-5 meter yang berpeluang terjadi di selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) selama beberapa hari ke depan.

"Waspadai potensi gelombang 4-5 meter berpeluang melanda Samudera Hindia selatan Sumba dan Sabu," kata Pelaksana Tugas Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang BMKG Agung Sudiono Abadi di Kupang, Jumat, terkait peringatan dini gelombang tinggi di wilayah laut NTT yang berlaku selama 21-22 Juli 2023.

Selain itu, potensi gelombang setinggi 2,5 - 4 meter juga terjadi di Selat Sape bagian Selatan, Selat Sumba bagian Barat, Laut Sawu dan perairan Selatan Kupang hingga Pulau Rote.

Ia mengatakan, potensi gelombang dengan kategori tinggi itu patut diwaspadai karena beresiko tinggi terhadap pelayaran kapal penyeberangan ferry.

Karena itu kata dia, operator kapal ferry yang memiliki rute perlintasan di wilayah-wilayah laut itu agar meningkatkan kewaspadaan.

Dia menambahkan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 6 – 30 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur - Selatan dengan kecepatan angin berkisar 8 - 30 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Malaka bagian utara, Perairan utara Sabang, Perairan Bengkulu – Perairan Enggano, Perairan barat Lampung, Samudra Hindia barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, Perairan selatan Banten, dan Laut Natuna.

Dalam hubungan dengan itu para nelayan maupun operator kapal diingatkan agar terus mengikuti informasi terbaru perkembangan cuaca maritim dari BMKG sebagai referensi untuk mendukung aktivitas pelayaran, demikian Agung Sudiono Abadi.

Baca juga: BMKG: Waspadai gelombang laut tinggi di NTT tiga hari ke depan

Baca juga: Anak remaja di Ende tewas, terseret gelombang tinggi saat mancing

Baca juga: Potensi gelombang badai, nelayan Raijua diimbau hentikan melaut

Baca juga: BMKG imbau nelayan NTT waspada gelombang dua meter di tiga titik laut

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023