Jakarta (ANTARA) - FIBA Board Member Erick Thohir menyatakan Indonesia tepatnya Jakarta siap menyambut pebasket internasional yang berlaga di Piala Dunia Bola Basket atau FIBA Basketball World Cup 2023 yang akan bergulir 25 Agustus-3 September.

Selain dari sisi panitia penyelenggara, rampungnya Indonesia Arena, stadion indoor terbesar dengan kapasitas 16.000 penonton di Gelora Bung Karno, Senayan, juga semakin memastikan kesiapan Indonesia menggelar kejuaraan tersebut. 

"Sebulan lagi, Indonesia akan menjadi sorotan dunia karena menggelar Piala Dunia Bola Basket 2023. Kita punya stadion indoor baru dan megah, serta juara bertahan, sekaligus peringkat pertama dunia bola basket, Spanyol tampil di sini," kata Erick dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

"Artinya, kita harus siap pula menjadi tuan rumah yang baik dan sukses sehingga ajang ini makin melambungkan nama Indonesia," ujar Erick Thohir yang menjamu makan malam para duta besar perwakilan negara-negara yang akan bertanding di Jakarta, Kamis (20/7).

Dalam jamuan yang diadakan PP Perbasi itu hadir lima perwakilan dari delapan negara peserta yakni Duta Besar Spanyol Francisco Aguilera Aranda, Vazken Kavlakian (Charge d'Affaires Kedutaan Lebanon), Mahdi Rounagh (Charge d'Affaires Kedutaan Iran), Lindolpho Cademartori (Deputy Chief of Mission Kedutaan Brazil), dan Mark Strasser (Charge d'Affaires Kedutaan Kanada).

"Saya menangkap antusiasme tinggi dari perwakilan negara-negara sahabat tersebut. Mereka juga tak sabar dan siap meramaikan Indonesia Arena saat tim negaranya bertanding. Karena bagaimana pun juga Piala Dunia Bola Basket ini ajang empat tahunan yang levelnya serupa dengan Olimpiade," kata Erick.

Baca juga: IADO dan PHI-NADO tangani kontrol doping pada Piala Dunia FIBA 2023

Erick yang didampingi Raffi Ahmad, local ambassador FIBA World Cup 2023, Ketua Joint Management Committee (JMC) FIBA World Cup 2023 Cahyadi Wanda, dan Wasekjen Perbasi Rufiana juga meminta pencinta olahraga, khususnya bola basket Tanah Air tidak melewatkan kesempatan besar menyaksikan aksi-aksi bintang bola basket dunia dari berbagai negara yang beberapa pemain berkiprah di NBA.

"Ini kesempatan langka. Meski kita menjadi tuan rumah bersama Jepang dan Filipina, tapi momen menjadi tuan rumah Piala Dunia Bola Basket belum tentu datang dalam 10 atau 20 tahun lagi. Serupa seperti saat kita jadi tuan rumah Asian Games 2018 atau nanti saat menggelar FIFA World Cup U-17. Ini kesempatan kita menunjukkan kemajuan Indonesia di mata internasional," ujar Erick.

Sebanyak 32 negara bertanding di FIBA Basketball World Cup yang berlangsung di Indonesia, Jepang, dan Filipina.

Jakarta sebagai tuan rumah akan memanggungkan laga babak penyisihan di dua grup yakni Grup G yang terdiri dari Spanyol, Iran, Pantai Gading, dan Brazil. Sementara Grup H berisikan Kanada, Latvia, Lebanon, dan Prancis.

Daftar Pemain NBA di FIBA World Cup 2023 Jakarta:
Grup G:
- Brazil: Raul Neto (Cleveland Cavaliers)
- Pantai Gading: Tanpa pemain NBA
- Iran: Tanpa pemain NBA
- Spanyol: Ricky Rubio (Cleveland Cavaliers), Santi Aldama (Memphis Grizzlies), Usman Garuba (Atlanta Hawks)

Grup H:
- Kanada: Jamal Murray (Denver Nuggets), Shai Gilgeous-Alexander (Oklahoma City Thunder), RJ Barrett (New York Knicks), Dillon Brooks (Houston Rockets), Lu Dort (Oklahoma City Thunder), Nickeil Alexander-Walker (Minnesota Timberwolves), Kelly Olynyk (Utah Jazz), Dwight Powell (Dallas Mavericks), Oshae Brissett (Boston Celtics), Cory Joseph (Golden State Warriors).
- Prancis: Frank Ntilikina (Terakhir, Dallas Mavericks), Nicolas Batum (Los Angeles Clippers), Evan Fournier (New York Knicks), Rudy Gobert (Minnesota Timberwolves)
- Latvia: Kristaps Porzingis (Boston Celtics), Davis Bertans (Oklahoma City Thunder)
- Lebanon: Tanpa pemain NBA

Baca juga: Indonesia diapresiasi gelar FIBA U-16 Asian Championship Qualifiers
Baca juga: "Basketball Meet Up" gaungkan Piala Dunia FIBA 2023

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023