Beijing (ANTARA) - Harga grosir produk-produk pertanian China turun dalam pekan yang dimulai dari tanggal 7 Juli dan berakhir pada 13 Juli 2023, demikian menurut data dari Kementerian Pertanian dan Urusan Pedesaan China.

Pada periode tersebut, indeks harga grosir produk pertanian China berada di angka 119,16, turun 0,78 poin dari pekan sebelumnya dan naik 2,06 poin secara tahunan (year on year/yoy), menurut pihak kementerian.

Harga grosir rata-rata untuk daging babi, yang merupakan daging konsumsi pokok di China, turun tipis 0,3 persen secara mingguan (week on week) dan turun 28,8 persen dari periode yang sama pada 2022. Harga grosir rata-rata untuk telur naik 0,5 persen secara mingguan dan turun 0,2 persen secara tahunan, ungkap data tersebut.

Pada periode yang sama, harga grosir rata-rata untuk 19 sayuran utama yang didata oleh pemerintah turun 2,1 persen dari pekan sebelumnya, dan harga grosir rata-rata untuk enam jenis buah-buahan utama turun 2,4 persen secara mingguan.

Indeks harga grosir disusun berdasarkan data yang dikumpulkan dari 200 lebih pasar grosir pertanian. Data ini diperbarui setiap hari berdasarkan rata-rata tertimbang dari indeks harga untuk berbagai barang, termasuk sayuran, buah-buahan, serta produk akuatik dan produk ternak.

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023