Harapan saya ini akan membawa pengalaman yang indah dalam berwisata juga berkelanjutan lingkungan dengan konsep pariwisata hijau
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berharap Desa Wisata Hariara Pohan di Kabupaten Samosir, Sumatra Utara membawa pengalaman wisata yang indah dengan konsep pariwisata hijau.
 
"Harapan saya ini akan membawa pengalaman yang indah dalam berwisata juga berkelanjutan lingkungan dengan konsep pariwisata hijau,” kata Menparekraf dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.
 
Desa wisata yang mengandalkan wisata Bukit Holbung ini mampu menembus 75 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 dan menjadi lokasi syuting film “Ngeri-ngeri Sedap”.
 
Menurutnya, dengan menjadi lokasi syuting film, banyak wisatawan yang semakin tertarik berkunjung ke Bukit Holbung.
 
Desa Wisata Hariara Pohan juga memiliki salah satu situs budaya yang berumur ratusan tahun, yang dinamai Huta Simarmata, di dalamnya wisatawan akan melihat rumah adat Batak yang berumur ratusan tahun, serta sarkofagus yang sudah berumur ratusan tahun.
 
Sandiaga pun berharap, Desa Wisata Hariara Pohan bisa terus berkembang mulai dari sisi atraksi, amenitas, dan aksesbilitasnya.
 
Jadi nanti harus ada perhelatan yang dikembangkan, mungkin bisa juga adanya festival film bulanan memang yang kita gagas, kita pusatkan di Hariara Pohan. Lalu berkaitan dengan kelengkapan infrastruktur seperti tempat parkir, dan amenitas seperti kelengkapan pusat UMKM dan homestay. Ini juga telah kita nilai dan sangat layak, mudah-mudahan ini bisa mendapatkan pertimbangan bagi dewan juri dan mendapatkan hasil yang maksimal,” ungkapnya.
 
Sementara itu, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, berharap setelah ditetapkannya Desa Wisata Hariara Pohan masuk 75 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, maka bisa lanjut memenangkan juara satu ADWI 2023.
 
“Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih atas perhatian dari Bapak Menteri yang terus berkomitmen memajukan pariwisata khususnya pariwisata di Kabupaten Samosir di Desa Wisata Hariara Pohan, mudah-mudahan Desa Wisata Hariara Pohan dapat menjadi juara satu dalam ADWI 2023,” katanya.

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023