Jambi (ANTARA) - Gubernur Jambi Al Haris menyambut kepulangan jamaah haji asal Provinsi Jambi yang tergabung dalam Kloter BTH 20 dengan jumlah jamaah 369 orang yang berasal dari Kabupaten Merangin, Sarolangun dan Muaro Jambi, yang kembali dengan selamat dan sehat setelah menunaikan rukun Islam kelima.

Penyambutan Gubernur Jambi ini dilakukan di Asrama Haji Kota Baru Jambi, Jumat. Al Haris mengucapkan selamat kembali ke Tanah Air, bagi para jamaah haji, serta mendoakan kiranya menjadi haji dan hajjah yang mabrur dan mabruroh dan semoga sehat dan bahagia, Insya Allah, semua ibadah diterima Allah SWT.

"Sewaktu berangkat, kami lepas dan waktu pulang kami tunggu, inilah sebagian tugas kami," kata Gubernur Al Haris.

Gubernur mengatakan kita perlu mensyukuri semua yang Allah berikan kepada, apalagi sudah pulang dari haji,. "Kenapa saya bilang kita perlu bersyukur, karena tidak semua orang bisa berangkat haji, walaupun mereka kaya, niat tidak ada, tidak juga bisa berangkat, walaupun niat ada tapi belum diberi rezeki, juga belum bisa berangkat."

Baca juga: Sembilan haji Jambi yang meninggal di Tanah Suci dapat asuransi

Baca juga: Bandara Jambi kerahkan 120 petugas khusus selama keberangkatan haji


Apa lagi saat ini mendaftar, entah tahun berapa bisa berangkat karena daftar antrian sudah banyak. "Untuk itu kita perlu bersyukur pulang haji ini dan jangan lupa amalan haji ini terus dilakukan, sampai ajal menjemput, iman dan taqwa yang perlu dijaga," kata Al Haris.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Antara Provinsi Jambi, Zoztafia mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi atas semua bantuan dan kerja samanya sehingga penyelenggaraan haji bisa berjalan dengan lancar dan aman.

Zoftafia juga menyampaikan permintaan maaf jika dalam melakukan pelayanan dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Antara Provinsi Jambi, masih terdapat kendala dan kekurangan dan secara tulus kami meminta maaf, karena sebatas itu kemampuan kami dan kami akan terus berupaya untuk lebih baik lagi ke depannya.

Sementara itu, Ketua PPIH Arpani mengucapkan terima kasih kepada semua jamaah haji sudah sampai di tanah air, selain itu dirinya juga menyampaikan ucapan maaf atas kekurangan dalam pelayanan, namun itu pihaknya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membantu.

Selain itu dia juga melaporkan bahwa di Kloter 20 yang meninggal dunia di Mekkah sebanyak tiga orang, yaitu Erlinda Roeslinur Mansur berusia 68 tahun dari Kabupaten Merangin, Tego Waluyo bin Karto berusia 62 tahun asal Kabupaten Sarolangun dan Parjono Kromo Tani berusia 66 tahun asal Kabupaten Merangin.

"Semoga amal ibadah mereka diterima di sisi Allah SWT," katanya.*

Baca juga: Gubernur Jambi terkejut banyak calhaj belum divaksinasi COVID-19

Baca juga: Lima calon haji asal Jambi batalkan berangkat ke Tanah Suci

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023