Kami memanfaatkan digital untuk bisa mengenali konsumen kami dengan lebih dekat lagi.
Jakarta (ANTARA) - Vice President Digital Enhancement & Technology PT Pertamina Patra Niaga Sylvia Grace Yuvenna mengatakan platform digital menjadi aspek penting yang dapat dimanfaatkan perusahaan untuk meningkatkan loyalitas konsumen.

Hal itu yang melandasi Pertamina meluncurkan aplikasi My Pertamina.

“Dalam menyambut era digital, kami memanfaatkan digital untuk bisa mengenali konsumen kami dengan lebih dekat lagi,” kata Sylvia dalam acara Indonesia Financial Literacy Conference, yang dipantau secara daring di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, aplikasi digital dapat memberikan informasi kepada perusahaan terkait perilaku konsumen. Dengan begitu, platform digital bisa dioptimalkan untuk menjadi sarana yang menjembatani komunikasi antara perusahaan dan konsumen.

Selain untuk meningkatkan loyalitas konsumen, Sylvia menyebut platform digital juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai fungsi lainnya, misalnya sebagai medium transaksi.

Platform digital memungkinkan metode pembayaran untuk dilakukan secara cashless atau tanpa menggunakan uang tunai.

Sylvia meyakini hal tersebut memudahkan konsumen dalam hal pembayaran. Sebab, konsumen tidak perlu khawatir dengan berbagai risiko yang mungkin muncul ketika membawa uang tunai, seperti kehilangan uang atau kendala kembalian ketika bertransaksi.

“Sebenarnya sulit kalau pakai kembalian. Jadi, dengan aplikasi dan pembayaran cashless itu sebenarnya jadi lebih mudah,” kata dia.

Terlebih, perusahaan bisa memberikan keuntungan-keuntungan tambahan yang bisa dinikmati konsumen melalui aplikasi. Sebagai contoh, perusahaan bisa memberikan program poin dari setiap transaksi yang nantinya bisa ditukarkan oleh konsumen dengan berbagai produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan.

Cara itu bisa, kata Sylvia lagi, menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan loyalitas konsumen terhadap perusahaan.

Pertamina meluncurkan My Pertamina pada 2017 lalu untuk loyalitas konsumen berbasis kartu dan penawaran berbagai produk untuk konsumen. Kemudian, pada 2019, My Pertamina dikembangkan aplikasi mobile dan pembayaran digital.

Per 18 Juli 2023, My Pertamina telah melayani 3,5 juta transaksi dengan nilai mencapai lebih dari Rp500 miliar.
Baca juga: Pertamina gandeng Korlantas Polri maksimalkan pemakaian My Pertamina
Baca juga: Total pendaftar My Pertamina sudah capai 2,8 juta kendaraan


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023