Festival tersebut merupakan kegiatan dari rangkaian acara tahunan Batam 10 K.
Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Batam, Kepulauan Riau menggelar Festival Pekan Heboh ke-4 dengan melibatkan sekitar 100 pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM).

Kepala Disbudpar Kota Batam Ardiwinata, di Batam, Jumat, mengatakan festival tersebut merupakan kegiatan dari rangkaian acara tahunan Batam 10 K serta menjadi wadah bagi UMKM untuk menjual dan mempromosikan produknya.

"Ini kita sejalan dengan salah satu event sport tourism Batam 10 K yang akan dilaksanakan pada hari Minggu (23/7). Ada 100 lebih tenant yang berpartisipasi pada Festival Pekan Heboh kali ini," kata Ardiwinata.

Ardi menyebutkan, pemilihan lokasi di Dataran Engku Putri juga bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat dan wisatawan mancanegara dengan adanya destinasi wisata sejarah Museum Batam Raja Ali Haji.

"Kami juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung, sehingga bazar ini dapat terselenggara," ujar dia.

Menurut Ardi, peserta yang mengikuti acara Batam 10 K pada 23 Juli 2023 tidak hanya dari Batam, melainkan juga dari daerah lain dan mancanegara.

"Yang membanggakan pada gelaran event 10 K ini, pesertanya ada yang dari Belgia, India, Singapura, dan Malaysia," ujar dia lagi.

Selain kegiatan bazar UMKM, ada juga lomba 3x3 dan lomba jujitsu kategori anak-anak.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam mencatat sebanyak 43.672 wisatawan mancanegara (wisman) Singapura berkunjung ke Batam pada Mei 2023.

Kepala BPS Kota Batam Aguskadaryanto di Batam, Kamis (20/7), mengatakan jumlah wisman yang berkunjung ke Kota Batam selama bulan Mei 2023 tercatat sebanyak 77.348 kunjungan.

"Wisman yang berkunjung ke Kota Batam pada bulan Mei 2023 didominasi oleh wisman berkebangsaan Singapura mencapai 56,46 persen dari total jumlah wisman selama Mei 2023," kata Agus pula.
Baca juga: Batam ajukan diri sebagai tuan rumah Bekraf Festival
Baca juga: Festival Hari Pendidikan di Batam lestarikan permainan tradisional


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023