...kami percaya bahwa risiko default (gagal bayar) utang negara meningkat."
Washington (ANTARA News) - Perusahaan pemeringkat Standard & Poor`s, Kamis, memangkas peringkat utang Siprus yang bermasalah satu tingkat mengutip "masalah akut" di sektor perbankan Siprus.

S&P menurunkan peringkat kredit Siprus menjadi "CCC" dari "CCC+" dan memperingatkan prospek untuk peringkat negatif ketika negara itu berjuang di bawah tenggat waktu yang ketat untuk merumuskan rencana penyelamatan yang diterima dengan Uni Eropa, lapor AFP.

Sementara sebuah kesepakatan mungkin, S&P mengatakan, "untuk memecahkan tekanan stabilitas ekonomi dan keuangan, ketentuan dari paket dukungan cenderung tidak populer dan menantang untuk diterapkan dalam konteks yang parah, berlarut-larut karena memburuknya keadaan ekonomi dan perpanjangan hari libur bank."

"Akibatnya, kami percaya bahwa risiko default (gagal bayar) utang negara meningkat."

S&P mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa baik pemerintah Siprus maupun pemegang saham bank tampaknya mampu memenuhi kebutuhan modal yang mendesak pada bank-bank yang tertatih-tatih.

"Dengan tidak adanya suntikan modal asing swasta atau pemerintah kedalam bank-bank Siprus, kami melihat beberapa cara untuk merekapitalisasi bagian yang tertekan dari sistem tanpa mengubah kewajiban bank, termasuk deposito, menjadi klaim ekuitas," katanya.

Selain itu, lembaga pemeringkat, memperingatkan: "Kami kemungkinan akan menurunkan peringkat jika pemerintah Siprus gagal untuk segera mendapatkan program pembiayaan."

Peringkat CCC adalah tiga tingkat di atas "sovereign default". (A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013