Hanya dengan SDM yang kreatiflah, peluang demi peluang di bidang TI itu dapat kita menangkan,"
Medan (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring mengatakan peluang ekonomi di bidang teknologi informasi (TI) saat ini terbuka luas, untuk itu peran SDM kreatif di bidang ini sangat penting untuk terus ditingkatkan.

"Hanya dengan SDM yang kreatiflah, peluang demi peluang di bidang TI itu dapat kita menangkan," katanya di Medan Jumat saat menyampaikan kuliah umum tentang Teknologi Informasi " di Medan, Jumat.

Di depan ribuan mahasiswa dan dosen yang memadati Gedung Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU) Tifatul Sembiring menyampaikan kuliah umum dengan tema "Peluang Sumatera Utara Menjadi Cyber Province".

Ia mengatakan perkembangan di bidang TI saat ini berkembang dengan pesatnya, bahkan hampir semua bidang yang berkaitan dengan aktifitas manusia dewasa ini tidak terlepas dari TI.

Demikian juga halnya di Indonesia, bahkan di negara ini volume bisnis di bidang TI sudah mencapai angka transaksi sebesar Rp400 triliun per tahun.

"Sekarang ini eranya cyber dan banyak hal positif yang bisa digunakan anak bangsa dalam memanfaatkan TI. Tidak ada satupun didunia ini yang tidak menggunakan TI. Nah bagaimana kita bisa manfaatkan ini jadi peluang," katanya.

Ia mengatakan, untuk menjadi orang yang berhasil, kita semua harus memiliki visi ke depan, karena visi adalah bagian dari mimpi yang akan memotivasi seseorang untuk maju. Untuk mewujudkan visi itu tentunya dibutuhkan strategi yang tentunya juga harus dirancang sejak awal.

Seperti halnya Indonesia yang memiliki misi bahwa pada tahun 2045 harus masuk dalam jajaran delapa besar dunia. Untuk mewujudkan itu tentunya harus diimbangi dengan tekad dan kerja keras, karena tantangan kedepan akan semakin besar.

"Untuk meraih posisi delapan besar itu tidak mudah, karena kita akan berkompetisi dengan negara-negara besar lainnya. Kenapa harus tahun 2045, karena itu merupakan momentum 100 tahun Indonesia merdeka," katanya. (KR-JRD/R010)

Pewarta: Juraidi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013