"Ada satu lagi yang sangat bagus tapi belum terekspos secara maksimal yakni, Pantai Dunu di Desa Dunu, Kecamatan Monano, Kabupaten Gorontalo Utara,"
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mengatakan Provinsi Gorontalo menyimpan banyak potensi wisata terutama wisata laut yang bagus dan tersebar merata hampir disuruh Gorontalo, salah satunya adalah Pantai Dunu di Gorontalo Utara.

Hal tersebut disampaikan Fadel dalam kunjungan kerja di Desa Dunu, Kecamatan Monano, Kabupaten Gorontalo Utara, Jumat (21/7).

Beberapa objek wisata bahari yang mencuri perhatian Fadel antara lain Wisata Laut Olele, Wisata Hiu Paus Botubarani, Wisata Pantai Kurenai dan Tamendou Beach.

"Ada satu lagi yang sangat bagus tapi belum terekspos secara maksimal yakni, Pantai Dunu di Desa Dunu, Kecamatan Monano, Kabupaten Gorontalo Utara," kata Fadel dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu.

Mantan Gubernur Gorontalo juga memuji keindahan alam di Pantai Dunu dan menurutnya jika kawasan tersebut menyimpan potensi wisata yang besar dan akan menarik banyak turis dalam dan luar negeri apabila dikelola dengan baik.

"Menurut saya, wisatanya sangat luar biasa indah, perpaduan antara pantai pasir putih, laut lepas dan tebing. Jika dikelola dan terkelola dengan baik, saya rasa akan banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang datang," ujarnya.

Pernyataan Fadel Muhammad tersebut diamini Kepala Desa Dunu Indriyani, yang mengungkapkan bahwa untuk melengkapi wisata pantai yang sudah ada, Desa Dunu telah merintis wisata baru yakni Paralayang di atas tebing sekaligus sebagai lokasi camping.

"Sebagai informasi untuk Bapak Fadel, wisata paralayang dan camping itu semuanya dikelola dan dijalankan oleh para pemuda desa kami. Tapi, kami terkendala infrastruktur dan fasilitas yang minim. Kami berharap Bapak Fadel bisa memberikan gagasan atau ide untuk meningkatkan potensi wisata kami," ujar Indriyani.

Merespon hal tersebut, senator asal Gorontalo ini memuji kreatifitas para pemuda desa untuk memajukan wisata desanya.

"Sangat bagus, pemudanya sangat kreatif. Saya sudah melihat lokasi wisata paralayang. Anginnya bagus, cocok untuk Paralayang. Saya rasa tidak kalah dengan yang ada di Bali. Saya harap pemerintah pusat dan daerah bisa melihat potensi Pantai Dunu ini, dan segera mungkin mendukung dan membantu masyarakat desa Dunu memajukan wisata daerahnya," pungkasnya.

Kunjungan kerja bertajuk 'Silaturahmi Masyarakat dengan Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad' tersebut digelar di Pantai Dunu dengan dihadiri Stafsus MPR Hasan Shahab, para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian agenda kunjungan kerja Fadel Muhammad ke beberapa wilayah di Provinsi Gorontalo.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023