Jakarta (ANTARA) - Selama sepekan (17-22 Juli), berbagai peristiwa politik telah diberitakan Kantor Berita ANTARA mulai dari Presiden Jokowi lantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika hingga Ganjar Pranowo menyebut desain baju hitam putihnya diberikan oleh Presiden Joko Widodo.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Presiden Jokowi lantik Budi Arie Setiadi sebagai Menkominfo

Presiden Joko Widodo melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika di Istana Negara, Jakarta, Senin.

"Demi Allah, saya berjanji bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Budi Arie saat mengucapkan janji jabatan mengikuti Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

2. Presiden Jokowi lantik lima wakil menteri baru

Presiden Joko Widodo melantik lima orang wakil menteri baru Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 32 M Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Selengkapnya baca di sini.

3. Budiman Sudjatmiko tiba di kediaman Prabowo untuk diskusi

Politikus PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko tiba di kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara No. 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa pada pukul 18.57 WIB.

Budiman yang mengenakan batik tersebut menyebut kedatangannya ke kediaman Menteri Pertahanan itu untuk berdiskusi. Akan tetapi, dia tidak memerinci apa topik diskusi tersebut.

Selengkapnya baca di sini.

4. Mahfud: Al Zaytun dibina demi hak konstitusional murid dan santri

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menekankan pemerintah akan membina dan mengembangkan lembaga pendidikan Al Zaytun untuk memenuhi hak konstitusional murid dan santri memilih dan menerima pendidikan.

“Yang jelas, pemerintah berketetapan tidak akan menutup lembaga pendidikan apapun. Akan terus kita (pemerintah) bina, akan kita kembangkan sesuai dengan hak konstitusional, diberikan hak kepada murid dan wali murid, santri dan wali santri di situ, untuk tetap memilih lembaga pendidikannya, tetapi materinya kita kontrol, kita awasi. Itu saja,” ujar Mahfud di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

5. Ganjar Pranowo sebut desain baju hitam putih dari Jokowi

Bakal calon presiden PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menyebut desain baju hitam putih yang digunakannya, diberikan oleh Presiden Joko Widodo.

"Pak Jokowi memberikan desain baju yang saya pakai ini," katanya usai bertemu ratusan organisasi relawan di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023