Banjarbaru (ANTARA) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) membuka peluang bagi para pesepak bola muda yang memiliki tinggi badan di bawah standar 170 sentimeter untuk bergabung bersama skuad tim nasional (Timnas) jelang Piala Dunia U-17 2023.

“Bagi yang memiliki postur badan di bawah standar tetap memiliki peluang, kemampuan keseluruhan akan dipertimbangkan,” kata Tim Talent Scouting PSSI Aldi Iqbal usai memberikan penilaian seleksi Timnas U-17 di Kota Banjarbaru, Minggu.

Aldi menyebutkan persyaratan tinggi badan itu merupakan standar dari manajemen khususnya Pelatih Timnas U-17 Bima Sakti.

Baca juga: Ratusan pesepak bola ikuti seleksi Timnas U-17 di Kalsel

“Seluruh pesepakbola yang diseleksi dari seluruh Indonesia, nanti akan dibandingkan kualitas dan kemampuannya,” ucapnya.

Dia mengungkapkan peserta seleksi harus memiliki skil di atas rata-rata karena kemampuan yang dibutuhkan oleh PSSI memiliki standar yang cukup tinggi.
Pelaksanaan seleksi atlet sepak bola Timnas U-17 wilayah Kalimantan Selatan, di Demang Lehman Stadium, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Minggu (23/7/2023). (ANTARA/Tumpal Andani Aritonang)

Ia memaparkan beberapa standar tersebut di antaranya memiliki fisik yang kuat, teknik yang bagus, mampu bermain lepas meskipun berada dalam tekanan, dan berpengalaman.

Lebih lanjut, berbagai kemampuan yang dimiliki peserta seleksi berdasarkan hasil pengamatannya akan disampaikan ke pusat sebagai bahan pertimbangan, terlebih bagi para atlet yang berpostur tinggi badan di bawah standar tetapi memiliki skil di atas rata-rata.

Aldi yang juga merupakan Tim Departemen Teknik PSSI itu mengungkapkan potensi pesepak bola muda di Kalsel memiliki kualitas yang cukup bagus, tetapi harus mampu bersaing dengan pesepak bola luar daerah yang juga mengikuti proses seleksi.

Dia mengatakan pula, tidak ada jumlah kuota yang dibutuhkan dari daerah, pemain yang terpilih dari daerah akan diundang ke pusat untuk mengikuti kembali seleksi tingkat nasional.

Ia menyebutkan hal utama yang diperlukan adalah mental kuat untuk bisa tampil baik di ajang internasional yang memiliki tekanan permainan yang cukup tinggi.

“Kemampuan dan skil peserta akan dipertimbangkan oleh PSSI,” ujar Aldi.

Baca juga: Erick Thohir pastikan bakal tindak tegas oknum nakal di PSSI
Baca juga: Dirtek PSSI yang baru akan dampingi timnas U-17 TC di Jerman

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023