Jambi (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi memberikan fasilitas dan layanan wifi gratis di sejumlah taman atau area publik yang ada di daerah tersebut.

"Total sudah ada 15 titik wifi yang sudah dipasang dan dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Jambi," kata Kadis Kominfo Kota Jambi Abu Bakar di Jambi, Senin.

Abu menjelaskan sebanyak lima titik wifi dipasang oleh pemerintah, sedangkan 10 lainnya dipasang oleh perusahaan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Abu menyebutkan, 15 titik wifi itu terpasang di Taman Remaja, Taman Sanggar Batik, Tugu Pers, Taman Jaksa, Taman PKK, Taman PLN Perumnas, Taman Gajah, Pasar Baru Olak Kemang, DLH, Disperindag, Pos Satpol PP, Taman Meteorologi, dan tiga daerah kampung bantar di Kota Jambi.

Pihaknya melakukan pemantauan koneksi dan jaringan secara berkala untuk perawatan. Ke depan Pemkot Jambi menambah fasilitas wifi gratis di beberapa area.

Salah satu kendala yang ditemui di lapangan yaitu terkadang pengguna wifi gratis tersebut kerap over kapasitas, sehingga jaringan menjadi lambat.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan penyedia CSR, sehingga bisa memperbaiki kualitas jaringan.

Abu Bakar menghimbau, jika masyarakat mendapatkan keluhan seputar wifi gratis, meminta segera melaporkannya.

Sementara salah satu pedagang di Tugu Keris Siginjai, Kota Jambi Mulyadi mengungkapkan dirinya sudah biasa memakai wifi gratis saat berdagang. Selain untuk jualan, juga bisa dipakai untuk putar musik sebagai sarana hiburan buat pengunjung lapaknya.

Ia berharap, agar pemerintah sigap dalam memberikan respon bila ke depan terjadi kerusakan jaringan.

“Kalau bisa memang kualitas jaringannya diperbaiki. Semoga ini bisa berjalan terus. Keluhan kami bisa dengan cepat ditangani,” katanya.

Pewarta: Tuyani
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023