Sydney (ANTARA) - Dolar dan euro menguat di awal sesi Asia pada Senin pagi, di pekan yang penuh pertemuan bank-bank sentral, sementara yen tertekan karena investor memperkirakan Bank Sentral Jepang (BoJ) akan menjadi yang aneh ketika pembuat kebijakan menaikkan suku bunga di Eropa dan Amerika Serikat.

Federal Reserve akan mengakhiri pertemuan pada Rabu (26/7), diikuti oleh Bank Sentral Eropa sehari kemudian dan Bank Sentral Jepang pada Jumat (28/7).

Yen telah menukik terhadap dolar minggu lalu menyusul laporan Reuters bahwa Bank Sentral Jepang condong ke arah mempertahankan kebijakan kontrol kurva imbal hasil tidak berubah, meskipun alat pengukur volatilitas telah melonjak karena pertemuan yang kian dekat sebagai risiko.

Yen mengalami kerugian pada 141,71 terhadap dolar pada Senin pagi dan pada 157,58 terhadap euro, tidak jauh di atas level terendah 15 tahun minggu lalu di 158,04, juga tidak jauh dari rekor terendah minggu lalu terhadap franc Swiss.

Euro bertahan di 1,1128 dolar pada Senin pagi. Indeks dolar yang mengukur greenback terhadap enam mata uang saingannya stabil di 101,04.

"Minggu lalu membuat pasar percaya pada skenario soft-landing untuk pasar AS di mana (Fed) mengakhiri kenaikannya  dan kemudian melihat penurunan IHK yang stabil tanpa resesi," kata Bob Savage, kepala strategi pasar di BNY Mellon.

ECB juga diharapkan mendekati akhir dengan pelonggaran resesi teknis Jerman dan pertumbuhan bertahan di tempat lain. BoJ diperkirakan berbicara tentang perubahan tetapi tidak berbuat banyak.

Penurunan yen pada Jumat (21/7) membantu dolar untuk menguat terhadap dolar Australia dan Selandia Baru dan mereka stabil di dekat posisi terendah baru-baru ini di awal perdagangan Senin. Aussie menguji support pada rata-rata pergerakan 200 hari di 0,6722 dolar AS.

Kiwi, yang menembus di bawah rata-rata pergerakan 200-hari pada Jumat (21/7), duduk di 0,6172 dolar AS. Kiwi berada di bawah tekanan karena bank sentral percaya bahwa kenaikan kenaikan suku bunga telah selesai dan harga ekspor telah terseret karena pemulihan pasca-pandemi China telah mengecewakan.

"Selama harga susu tetap di bawah tekanan, dolar Selandia Baru tidak mungkin berkembang," kata analis ANZ.

Dalam hal data, pedagang akan mengawasi angka Indeks Manajer Pembelian (PMI) yang akan dirilis di seluruh dunia melalui hari perdagangan pada Senin.

Baca juga: Dolar AS naik, yen goyah saat inflasi Jepang tetap di atas target BoJ

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023