Singapura (ANTARA) - Dolar AS menguat di sesi Asia pada Jumat sore, karena data menunjukkan ketahanan pasar tenaga kerja AS dapat menyebabkan Federal Reserve mempertahankan suku bunga lebih tinggi lebih lama, sementara yen terhuyung-huyung setelah inflasi konsumen inti Jepang meningkat kembali pada Juni.

Pertemuan bank sentral dari Eropa, Jepang, dan Amerika Serikat dijadwalkan minggu depan, dengan investor menganalisis data untuk mengukur jalur kebijakan moneter yang kemungkinan akan mereka buat dengan lebih baik.

Yen Jepang berada di 140,10 per dolar, datar untuk hari ini, setelah indeks harga konsumen inti nasional naik 3,3 persen pada Juni dari tahun sebelumnya, sesuai dengan rata-rata perkiraan pasar, tetapi tetap di atas target 2,0 persen Bank Sentral Jepang (BoJ).

Data mendukung kemungkinan BoJ akan merevisi perkiraan inflasi tahun ini dalam proyeksi baru yang akan dirilis minggu depan.

Carol Kong, ahli strategi mata uang di Commonwealth Bank of Australia (CBA), mengatakan ekspektasi pasar untuk pengetatan kebijakan BoJ telah surut dan mengalir selama setahun terakhir.

"Jendela bagi BoJ untuk memperketat kebijakan semakin menyempit," kata Kong, menambahkan bahwa kasus dasar CBA adalah agar BoJ mempertahankan kebijakan moneter tidak berubah tahun ini.

Gubernur BoJ Kazuo Ueda awal pekan ini mengatakan Jepang masih jauh dari mencapai target inflasi bank sentral 2,0 persen secara berkelanjutan, memadamkan spekulasi bahwa tweak untuk kontrol kurva imbal hasil akan terjadi minggu depan.

Lebih dari tiga perempat ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan BoJ akan mempertahankan kebijakan stabil termasuk skema kontrol imbal hasil.

Yen telah tergelincir sekitar 1,0 persen terhadap dolar minggu ini dan berada di jalur untuk menghentikan kenaikan dua minggu.

Sterling terakhir diambil 1,2881 dolar, naik 0,12 persen pada hari ini dan ditetapkan untuk menghentikan penurunan beruntun 5 hari. Fokus investor akan tertuju pada data penjualan ritel Inggris untuk Juni pada Jumat.

Sementara itu, data semalam menunjukkan jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran secara tak terduga turun pekan lalu, menyentuh level terendah dalam dua bulan di tengah pengetatan pasar tenaga kerja yang sedang berlangsung.

Pasar memperkirakan kenaikan 25 basis poin dari Fed minggu depan dan kemungkinan bank sentral AS untuk terus menaikkan suku bunga setelah data.

"Kita bisa melihat kenaikan suku bunga terakhir dalam siklus ini, tetapi setiap perubahan arah ke dovish tampaknya jauh," kata Christian Scherrmann, ekonom AS di DWS. "Ini menjadi penting karena sepertinya pasar mungkin sedikit terlalu optimis pada berita inflasi 'baik' baru-baru ini."

Terhadap sekeranjang mata uang, dolar berada di 100,75, mempertahankan kenaikan semalam sebesar 0,5 persen. Indeks berada di jalur untuk kenaikan 1,0 persen dalam seminggu.

Euro naik 0,1 persen menjadi 1,1141 dolar, setelah turun 0,6 persen pada Kamis (20/7/2023). Bank Sentral Eropa diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada 27 Juli, menurut semua ekonom dalam jajak pendapat Reuters, sebagian besar dari mereka sekarang juga memperkirakan kenaikan lain pada September.

Yuan di pasar domestik menguat terhadap dolar dan terakhir di 7,1693 per dolar setelah bank sentral menetapkan panduan yang jauh lebih kuat dari yang diperkirakan.

Dolar Australia datar di 0,678 dolar AS, sedangkan kiwi turun 0,18 persen menjadi 0,622 dolar AS.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023