Beijing (ANTARA) - Pusat Meteorologi Nasional (National Meteorological Center/NMC) China pada Senin (24/7) memperbarui peringatan biru untuk hujan badai yang akan melanda sebagian wilayah negeri Tirai Bambu itu.

Dari Senin pukul 08.00 hingga Selasa (25/7) pukul 08.00 waktu setempat, menurut otoritas meteorologi China itu, hujan lebat atau hujan badai diperkirakan akan melanda beberapa bagian seperti Cekungan Sichuan, Chongqing, Guizhou, Yunnan, Hubei, Hunan, Zhejiang, Fujian, Jiangxi, Heilongjiang, dan Tibet..

Beberapa daerah ini akan mengalami hujan deras, dengan curah hujan 30 mm hingga lebih dari 70 mm per jam, serta kondisi cuaca konvektif yang parah seperti badai petir dan angin kencang, kata NMC.

NMC telah menyarankan pemerintah dan penduduk setempat untuk mengambil tindakan pencegahan yang tepat. Sekolah dan taman kanak-kanak diminta untuk memastikan keselamatan siswa dan anak-anak, sementara para pengemudi disarankan untuk waspada dan berhati-hati karena genangan air di jalan dan kemacetan lalu lintas.

China memiliki sistem peringatan cuaca empat tingkat, dengan merah mewakili peringatan paling parah, diikuti oleh oranye, kuning, dan biru.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023