Wonosobo (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, melakukan peningkatan jalan menuju sejumlah objek wisata.

Fungsional Penata Kelola Jalan dan Jembatan DPUPR Kabupaten Wonosobo, Edi Hartono di Wonosobo, Senin, mengatakan ada tujuh kegiatan peningkatan jalan menuju tempat wisata dengan total anggaran Rp43,6 miliar.

Ia menyebutkan kegiatan peningkatan jalan tersebut, antara lain akses menuju Waduk Wadaslintang, Telaga Menjer, Gunung Cilik, dan Pemandian Kalianget.

Tujuh kegiatan peningkatan jalan untuk rehabilitasi pemeliharaan jalan Kaliwiro menuju Wadaslintang dengan pagu sekitar Rp16 miliar, Keseneng ke Candiasan pagu Rp10,4 miliar, Jalan Rakai Garung Rp5,7 miliar, Jalan Veteran Rp1,4 miliar, Jalan Soekarno-Hatta Rp5,6 miliar, Jalan Resimen 18 Rp3,4 miliar, dan Pancar Kaligowong yang juga akses ke Waduk Wadaslintang Rp750 juta.

"Panjang penanganan jalan kurang lebih 35 kilometer dengan menggunakan aspal hotmik 2 lapis acc acbc," katanya.

Menurut dia rata-rata lebar jalan yang diperbaiki adalah empat meter untuk jalan di luar kota. Sedangkan jalan yang masuk dalam kota antara enam sampai sembilan meter.

Ia menuturkan DPUPR telah mulai mengerjakan kegiatan peningkatan jalan tersebut sekitar satu bulan lalu, ada juga yang baru mulai kerja sekitar satu mingguan.

"Kami menargetkan kegiatan peningkatan jalan tersebut selesai pada akhir November atau awal Desember 2023. 

Baca juga: Pekalongan genjot pembangunan infrastruktur menuju objek wisata

 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023