Jakarta (ANTARA News) - Timnas Indonesia untuk sementara ditahan imbang Arab Saudi 1-1 pada pertandingan lanjutan Pra Piala Asia (PPA) 2015 Grup C di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu.

Pada babak pertama ini Indonesia sebenarnya mampu unggul cepat lewat Boaz Solossa pada menit ke-4. Namun, gol tersebut mampu dibalas oleh Yousef Mansour pada menit ke-13.

Bermain dengan kostum kebesaran Merah Putih Merah dan mendapatkan dukungan penuh dari ribuan suporter, Timnas Garuda langsung memberikan tekanan pada pertahanan Arab Saudi yang dimotori oleh Kamil Saddiq E. Almousa.

Hasilnya pada menit ke-4 Boas Solossa mampu menjebol gawang Arab Saudi. Gol ini berawal dari umpan panjang dari Kurnia Meiga. Umpan itu tidak mampu dihalau oleh barisan pertahanan Arab dan Boaz dengan satu sentuhan mampu memperdayai kiper Waleed Abdullah.

Gol yang dibuat oleh pemain Persipura Jayapura itu membuat seisi stadion bergemuruh. Dukungan dari ribuan penonton membuat semangat anak asuh Rahmad Darmawan itu. Terbukti serangan demi serangan terus dilakukan langsung kepertahanan lawan.

Terus memberikan tekanan ternyata membuat pertahanan Timnas Garuda lengah. Terbukti lewat kombinasi serangan yang cantik akhirnya anak asuh Juan Roman Lopez Caro ini mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-13 lewat Yousef Mansour.

Kedudukan sama kuat membuat kedua tim bermain dengan cantik. Arab yang memiliki postur lebih tingga berusaha menggunakan umpan-umpan panjang. Beruntung Kurnia Meiga bermain cukup cemerlang.

Meski terus mendapatkan tekanan bukan berarti Timnas Garuda tidak mendapatkan peluang. Salah satu peluang manis didapat Sergio van Dijk menit 29. Namun arah sundulannya masih terbaca kiper Arab Saudi.

Memasuki menit ke-30 kedua tim mulai menjual beli serangan. Meski hujan tetap turun sepanjang pertandingan, tidak menyurutkan kedua tim untuk kembali menciptakan gol. Tempo permainan pun meningkat karena wasit harus mengeluarkan kartu kuning pada salah satu pemain Arab Saudi.

Menjelang babak pertama usai, Arab Saudi yang menggunakan kostum Hijau Hijau Hijau tak henti-hentinya melakukan tekanan. Hanya saja hingga babak pertama usai tidak ada penambahan gol.

Susunan pemain Indonesia : Kurnia Meiga (pg), Supardi, Victor Igbonefo, Hamka Hamzah, Zulifly Syukur, Immanuel Wanggai, Ponaryo Astaman, Boaz Solossa (c), Ian Louis Kabes, M.Ridwan dan Sergio van Dijk.

Adapun pemain Arab Saudi : Waleed Abdullah N Ali (pg), Kamil Saddiq E Almousa, Yousef Mansour E Alsalem, Yahia Sulaiman, Fhad Mosaed M Almuwallad, Sultan Khalaf, Mansour Ateeq S Alharbi, Nawaf Shaker F Alabid, Osama Abdulrzag M Hawsawi, Saud Ali M Kariri (c) dan Taiseer Jabir Aljassam.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013