Medan (ANTARA) - Perum LKBN ANTARA Biro Sumatera Utara kembali menggelar bakti sosial donor darah sebagai bentuk kepedulian terhadap kemanusiaan juga untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dalam mencukupi kebutuhan darah di Kota Medan.

Kepala LKBN ANTARA Biro Sumatera Utara Riza Mulyadi di Medan, Senin, mengatakan donor darah tersebut merupakan program rutin yang digelar sejak tahun 2021 sebagai bentuk kepedulian kepada sesama yang membutuhkan transfusi darah.

Seperti biasanya, pendonor darah bukan saja karyawan ANTARA biro Sumatera Utara, namun juga masyarakat umum.

Pelaksanaan kegiatan ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Medan dan didukung BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatera Utara.

Baca juga: ANTARA Sumut gelar donor darah peringati HUT Ke-84

Baca juga: Satgas Bencana BUMN di Sumut gelar donor plasma


Riza yang juga turut mendonorkan darah lebih lanjut mengatakan pihaknya menyadari bahwa sebagai salah satu perusahaan BUMN, LKBN ANTARA tidak hanya semata berurusan dalam pemberitaan, namun juga berkewajiban turut andil dalam kemanusiaan.

"Satu kantong darah yang kita donorkan bisa menyelamatkan tiga nyawa. Betapa pentingnya darah yang kita donorkan itu untuk kemanusiaan. Selain untuk kesehatan si pendonor, melalui donor darah, kita juga bisa menyelamatkan mereka yang membutuhkan bantuan darah," katanya.

Sementara Dokter AFTAP UDD PMI Medan Dr Afina Hendarti mengatakan dewasa ini masyarakat yang melakukan donor darah terus meningkat seiring dengan semakin sadarnya masyarakat akan manfaat dari melakukan donor darah dan juga untuk membantu sesama yang membutuhkan.

Demi mencukupi ketersediaan darah, pihaknya juga rutin "jemput bola" ke sejumlah instansi maupun lembaga baik swasta maupun pemerintah seperti halnya yang dilakukan ANTARA Biro Sumatera Utara yang berniat melakukan bakti sosial donor darah.

Saat ini, kata dia, persediaan darah di PMI Medan cukup memadai jika ada rumah sakit yang meminta pasokan. Sampai hari ini sedikitnya tersedia 1.500 kantong darah di UDD PMI Medan yang sewaktu-waktu siap disalurkan ke rumah sakit yang meminta pasokan darah.

"Saat ini ada sekitar 1.500 kantong darah. Jumlah itu masih mencukupi untuk membantu rumah sakit yang meminta bantuan darah. Rata-rata 200 sampai 300 rumah sakit di Kota Medan dan sekitarnya setiap hari meminta bantuan darah," katanya.

Melalui donor darah, kata dia, banyak manfaat yang dirasakan untuk kesehatan. Baik untuk jantung, sirkulasi darah semakin lancar, mengurangi resiko kanker, asam urat, kolesterol dan lainnya.*

Baca juga: Kodam I/BB gelar donor darah sambut HUT ke-75 TNI

Baca juga: Kapolda Sumut: Aksi donor darah tetap mematuhi protokol kesehatan

Pewarta: Juraidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023