Miami (ANTARA News) - Unggulan keenam asal Prancis Jo-Wilfried Tsonga dan unggulan kelima asal China Li Na melaju melalui kemenangan dua set langsung pada Sabtu (Minggu WIB) yang panas dan lembab, di turnamen lapangan keras WTA dan ATP Miami Masters.

Tsonga mengalahkan petenis Serbia Viktor Toricki 7-6 (8/6), 6-3 umtuk mencapai putaran ketiga, sedangkan Li mencatatkan 19 pukulan kemenangan dan bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan Varvara Lepchenko dari Amerika 6-2, 6-4 dan mencapai putaran keempat.

Unggulan kedua asal Inggris Raya Andy Murray akan berhadapan dengan Bernard Tomic dari Australia, sedangkan unggulan keempat asal Republik Ceko Tomas Berdych bertemu petenis Spanyol Daniel Gimeno-Traver pada pertandingan putaran kedua sektor putra yang dimainkan Sabtu malam.

Pertandingan Sabtu malam di sektor putri akan mempertemukan petenis peringkat satu dunia Serena Williams berhadapan dengan Ayumi Morita dari Jepang, dan Venus Williams akan menghadapi sesama petenis AS Sloane Stephens.

Tsonga memimpin 5-1 melalui tiebreak namun petenis Serbia lawannya mencetak lima angka berikutnya untuk membuat ia mendapatkan set point kedua. Tsonga menggagalkan ia dengan satu ace dan dua angka berikutnya, pukulan drop volley Troicki membentur net untuk membuat petenis Prancis itu memenangi set pertama.

Tsonga memerlukan empat peluang break namun akhirnya mampu membuka permainan pada set kedua, ketika pukulan backhnad Troicki membentur net.

Troicki gagal memaksimalkan kelima breaknya pada set kedua, yang terakhir terjadi pada game kedelapan, ketika Tsonga kembali mematahkan servicenya untuk memenangi pertandingan dan mengukir rekor 13-4 pada tahun ini.

Selanjutnya ia akan berhadapan dengan Jarrko Nieminen dari Finlandia atau petenis Slovakia Martin Klizan pada putaran berikutnya.

Li telah menepi selama tujuh pekan setelah mengalami cedera pergelangan kaki kiri di final Australia Terbuka, di mana ia kalah dari Victoria Azarenka, namun ia mampu mencatatkan rekor 16-2 pada musim ini dan memastikan lolos ke babak 16 besar untuk berhadapan dengan pemenang pertandingan antara unggulan kesembilan asal Denmark Caroline Wozniacki dan Garbine Muguruza dari Spanyol.

Lepchenko melakukan 19 kesalahan saat rekornya musim ini merosot menjadi 4-7.

Li mendominasi set pembuka, hanya kehilangan lima angka pada servenya sedangkan Lepchenko hanya mencatatkan satu pukulan kemenangan berbanding sepuluh kesalahan.

Li kemudian unggul 4-2 pada set kedua sebelum Lepchenko meraih break point pertamanya. Petenis AS ini mengambil keuntungan melalui pukulan yang sempat mengenai net untuk mematahkan serve Li, dan kemudian menyamakan kedudukan menjadi 4-4.

Setelah sempat tertahan, Li memastikan kemenangannya pada game kesepuluh. Lepchenko melepaskan pukulan backhand kemeangan dan pukulan backhand Li mengenai net pada dua match point pertama bintang China ini, namun Li melepaskan pukulan forehand untuk memastikan match point ketiganya berakhir dengan kemenangan.

Pada sektor putra, unggulan kedelapan asal Prancis Richard Gasquet menyingkirkan petenis Belgia Olivier Rochus 7-5, 6-2 untuk mencapai pertandingan putaran ketiga melawan petenis Taiwan Lu Yen Hsun atau Mikhail Youzhny dari Rusia.

Unggulan ke-17 asal AS Sam Querry menundukkan Lukasz Kubot dari Polandia dengan skor 4-6, 6-3, 6-3 dalam waktu satu jam 47 menit. Querry akan berhadapan dengan unggulan ke-14 asal Kanada Milos Raonic atau Guillaume Rufin dari Prancis.

David Goffin dari Belgia mengalahkan unggulan ke-15 asal Jerman Philipp Kohlschreiber 7-6 (7/5), 4-6, 6-2. Lawan yang akan dihadapi Goffin selanjutnya adalah pemenang dari pertandingan antara unggulan kesepuluh asal Spanyol Nicolas Almagro dan Guido Pella dari Argentina.

(H-RF/A016)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013