Purwakarta (ANTARA) - Capaian realisasi investasi di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, hingga triwulan kedua tahun ini mengalami peningkatan signifikan mencapai Rp5,7 triliun.

"Dibandingkan dengan realisasi investasi pada triwulan pertama yang capaiannya sebesar Rp3,28 triliun, itu jelas mengalami peningkatan," kata Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Selasa.

Ia menyampaikan, berdasarkan laporan kegiatan penanaman modal (LKPM) pada Kementerian BKPM, untuk triwulan kedua tahun 2023 investasi yang masuk ke Purwakarta mencapai Rp5,7 triliun.

"Dengan investasi sebesar itu, serapan tenaga kerjanya mencapai 5.000 orang lebih," katanya.

Realisasi investasi sebesar Rp5,7 triliun tersebut terdiri atas investasi penanaman modal asing sebesar Rp3,67 triliun. Sedangkan penanaman modal dalam negeri Rp2,02 triliun.

Menurut bupati, jika diakumulasikan dari triwulan pertama atau periode Januari hingga Juni 2023, maka jumlah investasi yang masuk ke Purwakarta sudah mencapai Rp8,99 triliun.

Hal tersebut berarti capaian realisasi investasi hingga Juni 2023 sudah mencapai 94,6 persen dari target realisasi investasi di Purwakarta pada tahun ini yang mencapai Rp9,5 triliun.

Anne menyampaikan, capaian tersebut dapat direalisasikan dengan diimplementasikannya pelayanan perizinan berusaha yang terintegrasi secara elektronik melalui OSS RBA sehingga pelaku usaha diberi kemudahan dan kepastian dalam merealisasikan kegiatan usahanya.

"Untuk kepentingan masuknya investasi itu, para pegawai di lingkungan Pemkab Purwakarta diminta terus melakukan percepatan serta peningkatan peran dan fungsi pemerintah dalam pembangunan dan melaksanakan pelayanan publik," katanya.

Menurut dia, dengan tingginya realisasi investasi, Purwakarta kini menjadi salah satu daerah tujuan investasi bagi para pelaku usaha yang ingin menanamkan modalnya untuk perluasan usahanya.

Disebutkan kalau selain memiliki potensi pasar yang menjanjikan, untuk rantai pasok wilayah Purwakarta juga menunjang, karena menjadi daerah perlintasan sejumlah kota besar.

"Kami, jajaran Pemkab Purwakarta akan terus berkomitmen dan fokus untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif dengan berbagai langkah strategis. Di antaranya dengan mengimplementasikan pelayanan perizinan berusaha yang terintegrasi," kata dia.

Baca juga: Tarik investor, Pemkab Purwakarta kembangkan tujuh kawasan industri

Baca juga: Pemkab Purwakarta optimistis capai target investasi Rp65 triliun

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023