Kuala Lumpur (ANTARA) - Petronas Carigali, yang merupakan anak perusahaan migas nasional Malaysia, menemukan enam titik sumber baru migas di lima blok lepas pantai Sarawak.

Wakil Presiden dan Pejabat tertinggi Eksekutif Hulu Petronas Adif Zulkifli dalam keterangannya yang diterima di Kuala Lumpur, Selasa, mengatakan penemuan tersebut jelas menunjukkan masih ada potensi eksplorasi yang belum dimanfaatkan di cekungan-cekungan Malaysia, yang menunggu untuk ditemukan oleh perusahaan yang mau mengadopsi cara baru dan inovatif.

Terdapat Sumur Gedombak di Blok SK306 dan Sumur Mirdanga di Blok SK411 di Provinsi Balingian, Sumur Sinsing di Blok SK313, Sumur Machinchang dan Pangkin di Blok SK301B, dan Sumur Kalung Emas di Blok SK315 di Provinsi Luconia Barat, yang muncul dari grup lapangan minyak baru dan yang sudah ada.

Sumur-sumur tersebut menunjukkan kontaminasi yang rendah.

Penemuan tersebut, menurut dia, dicapai berkat kampanye pengeboran eksplorasi domestik secara intensif yang dimulai sejak akhir 2022 lalu, yang juga mengarah pada penemuan Nahara-1 pada tahun tersebut di Blok SK306, yang menjadi penemuan signifikan oleh Petronas Carigali dalam satu dekade terakhir.

Baca juga: Petronas teruskan proyek CCS bersama TotalEnergies dan Mitsui

Adif Zulkifli mengatakan pihaknya berharap semua penemuan sumber baru migas itu dapat memberi daya dorong bagi lebih banyak perusahaan untuk berpartisipasi dan berinvestasi di sektor hulu migas Malaysia, terutama di eksplorasi.

Wakil Presiden Eksplorasi Petronas Mohd Redhani Abdul Rahman mengatakan penemuan tersebut dicapai berkat kesediaan tim eksplorasi untuk menantang norma dan menentang dogma lama. Mereka sangat termotivasi dari kesuksesan sebelumnya dan akan terus berupaya meningkatkan upaya, katanya.

Ke depan, menurut dia, Petronas Carigali bertekad untuk mengulang kesuksesan pendekatan dalam usaha eksplorasi lainnya di Malaysia.

Dengan fokus memastikan keamanan energi sambil mendukung transisi energi, perusahaan memiliki tujuan untuk menaikkan keahliannya dan teknik untuk melanjutkan mendorong pertumbuhan dan inovasi, ujarnya.

Baca juga: Petronas: Tak ada indikasi korupsi dalam kontrak migas di Sarawak

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023