Banjarmasin (ANTARA) -
Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan sudah mencanangkan sebanyak 38 kampung Keluarga Berkualitas (KB) yang juga disebut kampung Baiman di setiap kelurahan hingga Juli 2023 ini.

 
 
Jumlah tersebut setelah dicanangkan dua kelurahan lagi, yakni, Kelurahan Telaga Biru dan Belitung Utara di Kecamatan Banjarmasin Barat resmi membentuk kampung KB Kampung Baiman pada Selasa hari ini.

 
 
"Tinggal 14 kelurahan lagi yang belum dibentuk kampung KB kampung Baiman," ujar Staf Ahli Bidang Kerja sama dan Investasi Pemkot Banjarmasin Iwan Fitriyadi di Banjarmasin, Selasa.

 
 
Iwan didaulat mewakili Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina untuk meresmikan pencanangan Kampung KB Kampung Baiman di Jalan Cempaka Raya, Gang Mayang Maurai RT 43, Kelurahan Telaga Biru, Banjarmasin Barat.

 
 
Sekaligus juga peresmian Kampung KB Kampung Baiman di Kelurahan Belitung Utara, juga di Banjarmasin Barat," tuturnya.

 
 
Iwan menyampaikan, program Kampung KB Kampung Baiman sejak 2016 ini terus dicanangkan hingga nantinya semua kelurahan, yakni, 52 kelurahan pada lima kecamatan di kota ini ada dibentuk.

 
 
Menurut Iwan, kegiatan pencanangan Kampung KB Kampung Baiman merupakan sebuah momentum penting bagi semua dalam memperkuat upaya menciptakan lingkungan yang berkualitas serta masyarakat yang sejahtera.

 
 
"Baiman" merupakan slogan kepemimpinan Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dan wakilnya H Arifin Noor, yakni, "Barasih wan nyaman" dengan artian kampung yang bersih dan enak di tinggali.

 
 
Dia menjelaskan, visi dan misi program ini tentunya berkaitan dengan surat edaran Mendagri pada tahun 2023, perihal optimalisasi penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas.

 
 
SE ini meminta kepada Gubernur dan Bupati serta Wali Kota untuk membentuk kampung keluarga berkualitas sesuai dengan target, yakni, untuk Kota Banjarmasin khususnya sebanyak 44 kampung keluarga berkualitas.

 
 
Iwan mengungkapkan, kampung KB didefinisikan sebagai satuan wilayah setingkat desa atau kelurahan, di mana terdapat integrasi dan konvergensi pada penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensi guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

 
 
"Tujuan dibentuknya kampung KB kampung baiman ini secara umum adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat," ujarnya.

 
 
Keistimewaan Kampung KB Kampung Baiman di Kota Banjarmasin, yakni, tertib administrasi kependudukan, terutama dengan adanya program "Sekali Talu" yang harus dijalankan. Bahkan anak-anak yang baru lahir segera dapat akta kelahiran.

Pewarta: Sukarli
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023