Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, dan Yayasan Sampoerna Fondation melanjutkan kerja sama penguatan mutu pendidikan di daerah tersebut.
 
"Peningkatan kualitas pendidikan harus berkelanjutan, dan kerja sama ini sangat bermanfaat untuk masyarakat di daerah ini," kata Wali Kota Palu Hadianto saat menerima kunjungan Yayasan Sampoerna Fondation di ruang kerjanya, di Kota Palu, Selasa.
 
Menurut dia, kemajuan pembangunan daerah harus sejalan dengan peningkatan mutu pendidikan dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul ke depan, sebagaimana pendidikan merupakan salah satu program prioritas Pemkot Palu.

Baca juga: Pemkot Palu terima bantuan fasilitas pendidikan dari Samsung
 
Membangun SDM berkualitas, kata dia, membutuhkan keterlibatan para pihak, meskipun tanggung jawab besar pendidikan secara formal melekat pada pemerintah sebagaimana amanat Undang-Undang Dasar 1945.
 
"Membangun daerah perlu ditunjang dengan SDM berkualitas, maka mulai sekarang sudah harus disiapkan, supaya ke depan sudah siap pakai," ucapnya.
 
Head of Government Relation Sampoerna University Mutmainah Syahrir mengemukakan, ada dua fokus kerja sama yang dibangun dengan Pemkot Palu yakni beasiswa pendidikan perguruan tinggi untuk jenjang Strata 1 (S1) di universitas tersebut, kemudian magang guru dan kepala sekolah.

Baca juga: PMI-Samsung tingkatkan mutu pendidikan digital di Palu
 
Ia menjelaskan, sebagai bagian dari Sampoerna Schools System, Sampoerna University merupakan perguruan tinggi yang memiliki sistem pendidikan terintegrasi berdasarkan standar kualitas internasional.
 
"Dari kerja sama ini sudah ada empat mahasiswa asal Kota Palu yang mengenyam pendidikan di Sampoerna University," ucapnya.
 
Pada program beasiswa pendidikan, kata dia, pembiayaan berasal dari subsidi Pemkot Palu dan pihak Sampoerna, sedangkan program magang guru dan kepala sekolah sepenuhnya dibiayai oleh Dinas Pendidikan Kota Palu, dan pihaknya bertindak sebagai konsultan pendidikan.

Baca juga: Qatar-Pemkot Palu bahas bantuan pemulihan pendidikan pascabencana
 
"Untuk magang guru dan kepala sekolah, nantinya mereka ditempatkan di sejumlah sekolah milik Sampoerna," kata Mutmainah.

Pewarta: Mohamad Ridwan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023