Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di YouTube berdurasi delapan menit menarasikan bahwa seluruh wali kota di Indonesia sepakat mendukung Anies Baswedan menjadi Presiden 2024. 

Unggahan video tersebut juga disertai thumbnail foto Anies Baswedan dan beberapa orang lainnya menggunakan Passapu atau ikat kepala adat Makassar.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“ANIES PRESIDEN MENGGEMA WALI KOTA SELURUH INDONESIA SEPAKAT DUKUNG ANIES JADI PRESIDEN 2024!!”

Namun, benarkah video seluruh wali kota di Indonesia dukung Anies jadi Presiden 2024 tersebut?

 

Unggahan video hoaks yang menarasikan seluruh wali kota di Indonesia mendukung Anies sebagai Presiden 2024. Faktanya, isi video tidak sesuai dengan narasi judul. (YouTube)


Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, foto dalam thumbnail tersebut serupa dengan foto pada acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Kota Makassar pada Kamis 13 Juli lalu. 

Sebanyak 88 wali kota dari total 98 kota di seluruh Indonesia hadir secara langsung dalam acara tersebut, termasuk tiga bakal calon presiden 2024, Prabowo, Ganjar dan Anies.

Rakernas APEKSI itu merupakan forum bagi seluruh wali kota se-Indonesia atau perwakilan Asosiasi Pemerintahan yang hadir untuk membahas berbagai isu nasional sekaligus melahirkan kebijakan strategis.

Narator dalam video juga hanya membacakan narasi dari berita KBA news yang berjudul “Hadiri APEKSI, Anies Baswedan Tawarkan Gagasan Empat Prinsip Kota Masa Depan”.

Dalam video tersebut tidak ada informasi mengenai seluruh wali kota mendukung Anies menjadi Presiden 2024.

Klaim: Seluruh wali kota di Indonesia dukung Anies jadi Presiden 2024

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Anies-Gatot resmi diusung Surya Paloh pada Juli 2023

Cek fakta: Hoaks! Foto Megawati resmi jadikan Puan sebagai bakal cawapres Anies

Baca juga: Anies Baswedan: Indonesia butuh perubahan dan perbaikan

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023