Jakarta (ANTARA) - Masyarakat Jakarta Barat bisa menghubungi Suku Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik untuk mengatasi masalah keamanan siber.

Selain itu, layanan keamanan siber juga disediakan Suku Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Sudin Kominfotik) melalui aplikasi BATIK atau melalui situs 
barat.jakarta.go.id/batik.

Kepala Suku Dinas Kominfotik Jakarta Barat, Andrie Yuswanto di Jakarta Barat, Selasa, mengatakan, dalam dunia digital, komputer atau laptop makin sering digunakan di perkantoran dan rumah. Apalagi gawai yang selalu ada dalam genggaman.

"Untuk belajar cara hidup yang aman dalam dunia siber, selama ini banyak yang enggak tahu kenapa HP (gawai) harus ada antivirus," ungkap dia saat meninjau sosialisasi bertema "Pengetahuan Umum Keamanan Siber Rumah dan Kantor" secara daring di Kantor Wali Kota Jakarta Barat.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut ditujukan untuk membuat orang lebih peduli dengan kejahatan siber. ​​Sudin Kominfotik Jakarta Barat (Jakbar) juga menyediakan antivirus untuk aset komputer milik daerah.

"Jadi, siapa saja yang membutuhkan antivirus berlisensi bisa menghubungi Sudin Kominfotik Jakbar melalui kontak WA 081211255934, bisa juga lewat aplikasi BATIK," ungkapnya.

Baca juga: BSSN soroti pentingnya peningkatan literasi keamanan digital
Baca juga: Pakar keamanan siber ingatkan bahaya kebocoran data pribadi


Ia mengatakan, layanan tersebut diberikan berdasarkan evaluasi bahwa selama ini belum ada layanan demikian yang disediakan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat.

"Kami sudah paparkan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) dengan Pak Wali Kota Jakbar. Melalui aplikasi BATIK ini, semua unsur atau sektor pemerintah kota bisa melaporkan langsung karena selama ini belum ada pelayanan terkait hal ini," katanya.

Kepala Seksi Aplikasi, Siber dan Statistik (Astik) Sudin Kominfotik Jakbar, Nur Izzuddin menambahkan, sosialisasi keamanan siber terhadap pengguna komputasi mobile (gawai) dan desktop (komputer) sangatlah penting bagi masyarakat.

"Hampir semua masyarakat telah menggunakan internet terutama melalui perangkat gawai sehingga kepedulian terhadap ancaman di dunia internet seharusnya lebih ditingkatkan lagi," kata dia.
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023