Kerugian itu perlu didanai oleh pemerintah, pada saat keuangan publik sudah berada di bawah tekanan dari kenaikan suku bunga dan inflasi
London (ANTARA) - Bank Sentral Inggris (BoE) memperkirakan pada Selasa (25/7/2023) bahwa mereka akan membuat kerugian bersih lebih dari 150 miliar pound (193 miliar dolar AS) selama 10 tahun ke depan karena melepas pelonggaran kuantitatif (QE) pembelian obligasi pemerintah, naik dari 100 miliar pound yang diproyeksikan pada April.

Kerugian itu perlu didanai oleh pemerintah, pada saat keuangan publik sudah berada di bawah tekanan dari kenaikan suku bunga dan inflasi, dan anggota Partai Konservatif Perdana Menteri Rishi Sunak menginginkan pemotongan pajak sebelum pemilihan 2024.

Dalam jangka pendek, BoE memperkirakan pemerintah akan membayar sekitar 40 miliar pound per tahun pada 2023, 2024 dan 2025, kira-kira 10 miliar pound per tahun lebih banyak dari perkiraan terakhirnya pada April.

Berdasarkan ketentuan program QE, yang dimulai pada tahun 2009 sebagai sarana untuk merangsang ekonomi setelah krisis keuangan global, kementerian keuangan Inggris secara efektif menerima kembali pembayaran bunga obligasi pemerintah yang dibeli oleh BoE, tetapi setuju untuk mengkompensasi kerugian di masa depan.

Antara 2009 dan 2022, BoE membayar pemerintah 124 miliar pound, mewakili perbedaan antara bunga yang diterima BoE atas obligasi pemerintah yang telah dibelinya dan tingkat bunga mendekati nol yang dibayarkan atas uang tunai yang disimpan oleh bank tempat mereka membeli obligasi tersebut.

Prakiraan BoE sangat sensitif terhadap perubahan ekspektasi suku bunga pasar keuangan dan seberapa cepat BoE menjual 875 miliar pound obligasi pemerintah Inggris yang dibelinya dari 2009 hingga 2021.

Suku bunga BoE yang lebih tinggi mengurangi nilai pasar dari obligasi pemerintah (gilt) yang dimilikinya dan meningkatkan bunga yang dibayarkannya kepada bank, yang telah meningkat dari 0,1 persen pada Desember 2021 menjadi 5,0 persen pada Juni.

Pasar saat ini memperkirakan suku bunga BoE mencapai puncaknya di 5,75 persen akhir tahun ini, naik dari sekitar 5,0 persen pada saat laporan April.

Tahun lalu dua mantan deputi gubernur BoE menyarankan BoE dan pemerintah harus mempertimbangkan untuk menghentikan pembayaran bunga atas beberapa kepemilikan bank bersama BoE, namun hal ini ditolak oleh Gubernur BoE Andrew Bailey.

Sejauh ini BoE telah mengurangi kepemilikan gilt-nya menjadi lebih dari 800 miliar pound melalui bauran penjualan langsung dan tidak menginvestasikan kembali hasil gilt yang jatuh tempo.

Proyeksi BoE mengasumsikan kepemilikan terus turun pada tingkat target saat ini sebesar 80 miliar pound per tahun.
 
Baca juga: IMF: Inggris diperkirakan akan hindari resesi pada 2023
Baca juga: Saham Inggris dibuka turun setelah data ekonomi China lebih lemah

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023