Kami dapat mengonfirmasi bahwa FIFA telah menerima surat dari Federasi Sepak Bola Kosta Rika mengenai kualifikasi Piala Dunia Jumat lalu,"
London (ANTARA News) - FIFA mengonfirmasi bahwa mereka telah menerima protes dari Kosta Rika, yang sangat marah karena dipaksa memainkan pertandingan tandang pada kualifikasi Piala Dunia melawan AS pada Jumat dalam kondisi bersalju.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa FIFA telah menerima surat dari Federasi Sepak Bola Kosta Rika mengenai kualifikasi Piala Dunia Jumat lalu," kata badan sepak bola dunia itu dalam pernyataannya dikutip Reuters.

"FIFA sekarang akan menganalisis isi surat itu dan langkah-langkah selanjutnya akan ditentukan dalam waktu dekat."

Pealtih Kosta Rika Jorge Luis Pinto dengan marah berkata bahwa pertandingan itu merupakan "hal memalukan untuk sepak bola" setelah timnya kalah 0-1 di Denver di lapangan yang ditutupi salju.

Federasi Sepak Bola Kosta Rika (Fedefutbol) memberi pernyataan dalam situs resminya, bahwa terdapat empat bagian dalam protes mereka.

Pada surat itu mereka berkata bahwa kondisi-kondisi di sana merupakan ancaman terhadap "integritas fisik" para pemain, dan sejumlah ofisial di stadion itu masuk ke lapangan untuk membersihkan salju saat pertandingan tengah berlangsung.

Selain itu, garis-garis lapangan "menghilang" dan "pergerakan bola menjadi mustahil akibat banyaknya salju di lapangan."

Fedefutbol juga meminta dijatuhkan sanksi terhadap "semua ofisial yang terlibat dalam keputusan untuk tetap memainkan pertandingan ini."

"Hal yang sangat berlawanan terjadi di Eropa di mana salju memaksa pertandingan antara Irlandia Utara dan Rusia di Belfast harus ditunda," demikian ditambahkan dalam pernyataan terpisah.

"Kami tidak ingin menciptakan harapan-harapan keliru namun kami berjuang untuk hak-hak yang kami pikir telah dilanggar sepanjang pertandingan ini," kata bendahara Fedefutbol Rodolfo Villalobos.

Kosta Rika dapat membalas perlakuan itu dengan memainkan pertandingan kandang melawan AS di Stadion Saprissa, arena yang sangat mencekam untuk tim tamu di mana para penonton berjarak begitu dekat dengan lapangan, dan bukan memainkannya di Stadion Nasional yang baru, yang memiliki trek lari di sekeliling lapangan.

Kekalahan itu membuat Kosta Rika menghuni posisi juru kunci dari fase akhir yang diikuti enam tim di kualifikasi zona CONCACAF, di mana mereka hanya mengumpulkan satu angka dari dua pertandingan. The Ticos akan menjamu Jamaika di San Jose pada Selasa.

(H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013